Skip to main content

follow us

Bentuk Molekul (Oktahedron)

Oktahedron adalah bentuk yang terjadi dari dua buah limas alas segiempat yang bidang alasnya saling berhimpit, sehingga membentuk delapan bidang segitiga.

Baca juga : Bentuk Molekul (Trigonal Bipiramida)

Pada molekul yang berbentuk Oktahedron, atom pusatnya berada pada pusat bidang segiempat dari dua limas yang berhimpit tersebut, sedangkan enam atom yang mengelilinginya akan berada pada sudut-sudut limas. Sudut ikatannya 90°. Contoh molekul yang mempunyai bentuk oktahedron adalah SF6.


Dari pola dasar bentuk molekul tersebut akan terdapat beberapa varian bentuk molekul yang lain karena adanya pasangan elektron bebas. Pasangan elektron bebas mempunyai gaya tolakan yang lebih kuat dan mempunyai sudut yang lebih lebar sehingga dapat menekan pasangan elektron ikatan agar mempunyai sudut yang sempit. Contohnya molekul amonia (NH3). Di sekitar atom nitrogen sebagai atom pusat terdapat empat pasangan elektron yaitu tiga pasang elektron ikatan (digunakan untuk berikatan dengan atom hidrogen) dan sepasang elektron bebas (yang tidak memberi bentuk). Akibatnya, bentuk molekul NH3 tidak tetrahedron, tetapi segitiga piramida dengan sudut 107,3° yang lebih kecil daripada sudut tetrahedron yang besarnya 109,5°.


Hal yang sama terjadi pada molekul air (H2O) yang mempunyai empat pasang elektron di sekitar atom pusatnya (atom O) yang terdiri dari dua pasang elektron ikatan dan dua pasang elektron bebas. Walaupun mempunyai empat pasang elektron di sekitar atom pusat tetapi bentuknya tidak tetrahedron karena anda dua pasang elektron bebas menekan pasangan elektron ikatan sehingga sudut ikatan (H-O-H) hanya 104,5°, lebih kecil dari sudut ikatan pada NH3 karena pasangan elektronnya lebih banyak. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini :

Gambar (a) : Bentuk tetrahedron sempurna dari molekul CH4 dengan sudut ikatan antara atom H-C-H sebesar 109,5°.

Gambar (b) : Molekul NH3 yang mempunyai empat pasang elektron (tiga pasang elektron ikatan dan sepasang elektron bebas) mempunyai sudut ikatan H-N-H lebih kecil (107,3°).

Gambar (c) : Molekul H2O yang mempunyai empat pasang elektron (dua pasang elektron ikatan dan dua pasang elektron bebas) mempunyai sudut ikatan H-O-H lebih kecil dari NH3 yang mempunyai sepasang elektron bebas, yaitu (104,5°).

Baca juga : Cara Meramalkan Bentuk Molekul

Adanya pasangan elektron bebas menyebabkan adanya perubahan bentuk molekul dari bentuk dasar dan sudut ikatannya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar