Trik Super Kilat Mengingat Warna Uji Nyala


Uji nyala api adalah uji yang dilakukan untuk melihat perbedaan warna yang ditimbulkan oleh setiap unsur melalui pembakaran dengan nyala api Bunsen.

Logam alkali dan alkali tanah adalah logam golongan utama yang unsur-unsurnya terdapat pada golongan I A dan II Adalam system periodik.

Logam alkali terdiri atas enam buah unsur, yaitu Litium (Li), Natrium (Na), Kalium (K), Rubidium (Rb), sesium (Cs) dan Fransium (Fr). Hal itu karena unsur logam alkali sangat reaktif. Disebut dengan logam alkali karena dapat membentuk basa kuat.

Warna Nyala Logam Alkali
Logam alkali bila dipanaskan dapat menghasilkan warna nyala api yang khas untuk masing-masing jenis logam alkali. Litium ( Li ) menghasilkan warna nyala api merah, natrium ( Na ) menghasilkan warna nyala api kining atau oranye, kalium ( K ) menghasilkan warna nyala api ungu, rubidium ( Rb ) menghasilkan warna nyala api biru kemerahan dan cesium ( Cs ) menghasilkan warna nyala api biru.

Warna nyala logam alkali adalah sebagai berikut :
Logam Alkali
Warna
Li
Merah
Na
Kuning
K
Ungu
Rb
Merah
Cs
Biru

TIPS :
Urutkan unsur dari atas ke bawah :
Li Na Kangen Rabiah Cs
MK-UMB
(Merah Kuning - Ungu Merah Biru)

Warna Nyala Logam Alkali Tanah
Logam alkali tanah terdiri dari enam unsur, yaitu berilium (Be), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), Strontium (Sr), Barium (Ba), dan Radium (Ra). Unsur logam alkali tanah terdapat dalam bentuk senyawa yang tidak larut didalam tanah. Seperti halnya logam alkali, logam alkali tanah juga membentuk basa kuat namun lebih lemah dibanding alkali.

Warna nyala logam alkali tanah adalah sebagai berikut:
Logam Alkali Tanah
Warna
Be
Putih
Mg
Putih
Ca
Jingga
Sr
Merah Tua
Ba
Hijau

Urutan unsur :
Beli Mangga Campur Sirup Baru
PPJ-MH
(Putih Putih Jingga - Merah Hijau)

Sekian penjabarannya. Semoga membantu yah sobat. Selamat liburan yah.
Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Trik Super Kilat Mengingat Warna Uji Nyala"