Skip to main content

follow us

Adsorpsi

Adsorpsi adalah peristiwa penyerapan muatan oleh permukaan-permukaan partikel koloid. Adsorpsi terjadi karena adanya kemampuan partikel koloid untuk menarik (ditempeli) oleh partikrl-partikel kecil. Kemampuan menarik ini disebabkan adanya tegangan permukaan koloid yang cukup tinggi sehingga jika ada partikel yang menempel akan cenderung dipertahankan pada permukaannya.

Jika partikel-partikel koloid mengadopsi ion yang bermuatan positif pada permukaannya, koloid tersebut menjadi bermuatan positif, dan sebaliknya jika yang diadsorpsi ion bermuatan negatif, koloid akan menjadi bermuatan negatif.

Selain ion,partikel-partikel koloid dapat menyerap muatan dari listrik statis, misalnya debu dapat menyerap muatan negatif atau positif dari adanya elektrom yang bergerak diudara atau dari arus listrik.

Peristiwa adsorpsi menyebabkan partikel koloid bermuatan listrik. Oleh karena itu jika kolid diletakkan dalam medan listrik. Partikel akan bergerak menuju kutub muatan listrik yang berlawanan dengan muatan koloid tersebut. Peristiwa bergeraknya partikel koloid dalam listrik disebut dengan elektroforesis.

Peristiwa elektroforesis ini dimanfaatkan dalam proses pemisahan potongan-potongan gen pada proses bioteknologi dan penyaring debu pabrik pada cerobong asap, asap yang disebut dengan pengendap cottrel.

Koloid-koloid logam atau basa umumnya mengadopsi ion-ion logam pada saat pembentukan koloid sehingga akan menjadi bermuatan positif. As2 S3 dan kelompok koloid sulfida lainnya umumnya mengadopsi ion negatif sehingga akan menjadi koloid negatif.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar