Skip to main content

follow us

Asam Lemah


Menurut Arrhennius asam lemah adalah asam yang di dalam larutanya hanya sedikit terionisasi atau mempunyai derajat ionisasi yang kecil. Reaksi ionisasi pada asam lemah merupakan reaksi kesetimbangan ionisasi, misalnya untuk asam HA.


Tetapan ionisasi pada asam lemah di beri lambang Ka :


Dari persamaan ionisasi asam :


Setiap satu molekul HA yang terionisasi akan menghasilkan sebuah ion H+ dan sebuah ion A-. Oleh karena itu konsentrasi ion H+ yang berasal dari HA akan selalu sama dengan konsentrasi ion A- atau [H+] = [A-] sehingga konsentrasi ion A- dapat di subtitusikan ke dalam persamaan :


Oleh karena [H+] = [A-], maka :


atau


Contoh soal :

Hitunglah konsentrasi H+ di dalam larutan CH3COOH 0,1 M jika tetapan ionisasi (Ka) CH3COOH = 10-5.

Jawab :


Nilai Ka menggambarkan kekuatan asam. Semakin besar nilai Ka berarti semakin banyak ion H+ yang dihasilkan, atau semakin kuat asam tersebut. Selain nilai Ka, besaran lain yang dapat digunakan untuk mengetahui kekuatan asam adalah derajat ionisasi. Bagaimana hubungan derajat ionisasi dengan Ka dan konsentrasi asam ?


Oleh karena HA terionisasi sangat sedikit, [HA] dianggap tetap, sehingga didapatkan :


Rumus tersebut menunjukkan bahwa jika larutan semakin encer, derajat ionisasinya semakin besar. Demikian juga jika larutan semakin pekat, derajat ionisasinya semakin kecil. Asam sangat pekat bahkan mempunyai derajat ionisasi mendekati nol.

Contoh soal :

Konsentrasi ion H+ dalam suatu asam adalah 10-2 M. Jika tetapan ionisasi asam (Ka) tersebut adalah 10-6, berapa persen asam yang terionisasi ?

Jawab :

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar