Skip to main content

follow us

Nilai pH dan Sifat Larutan


Air murni mempunyai nilai pH = 7 dan pOH = 7. Bagaimana nilai pH larutan yang bersifat asam atau bersifat basa ? Beberapa contoh berikut dapat digunakan untuk menemukan hubungan nilai pH dan pOH dengan kondisi suatu larutan.

Contoh soal
a. Larutan asam kuat HCl 0,1 M


Oleh karena larutan dalam air, nilai pOH dapat ditentukan berdasarkan nilai tetapan kesetimbangan air Kw = 10-14.


b. Larutan asam lemah CH3COOH 0,1 M Ka = 10-5


c. Larutan basa kuat NaOH 0,1 M


d. Basa lemah NH4OH 0,1 M, Kb = 10-5


Pada dasarnya, pH digunakan untuk untuk menyatakan konsentrasi ion H+ dalam larutan encer. Hubungan antara konsentrasi ion H+ dalam larutan dengan nilai pH pada suhu 25°C adalah sebagai berikut.


Nilai pH dapat memberikan informasi tentang kekuatan suatu asam atau basa. Untuk konsentrasi yang sama, semakin kuat suatu asam, semakin besar konsentrasi ion H+ dalam larutan, dan nilai pH-nya semakin kecil. Semakin kuat suatu asam, smakin kecil nilai pH-nya. Sebaliknya, semakin kuat suatu basa, semakin besar konsentrasi ion OH- dalam larutan. Semakin besar konsentrasi ion OH-, semakin kecil konsentrasi ion H+ dalam larutan. Akibatnya, nilai pH menjadi semakin besar. Semakin kuat suatu basa, semakin besar nilai pH-nya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar