Menyimpulkan Ciri-ciri Reaksi Redoks yang Berlangsung Secara Spontan

Reaksi redoks adalah reaksi kimia yang disertai perubahan bilangan oksidasi. Reaksi redoks ada yang dapat berlangsung secara spontan, ada juga yang tidak spontan.

Reaksi redoks spontan adalah reaksi yang dapat langsung terjadi dan potensial sel yang dihasilkannya bertanda positif. Reaksi redoks spontan terjadi jika E red – E oks > 0. Ciri-cirinya yaitu dihasilkannya endapan, terjadi gelembung, perubahan warna, dan perubahan suhu. Reaksi redoks spontan dapat digunakan sebagai sumber arus, yaitu dalam sel volta, baterai dan aki.

Reaksi redoks tak spontan adalah reaksi yang tidak dapat mereduksi unsur-unsur disebelah kanannya dan potensial sel yang dihasilkannya bertanda negatif. Reaksi redoks tak spontan dapat dilangsungkan dengan menggunakan arus listrik, yaitu dalam reaksi elektrolisis. Elektrolisis banyak diterapkan dalam industri, misalnya pengolahan aluminium, produksi NaOH dan klorin, dan dalam penyepuhan (electroplating).

Kespontanan suatu reaksi redoks dapat ditentukan menggunakan deret volta. Urutan logam-logam dalam deret volt adalah :
K-Ba-Ca-Na-Mg-Al-Mn-Zn-Cr-Fe-Cd-Co-Ni-Sn-Pb-(H2)-Sb-Bi-Cu-Hg-Ag-Pt-Au
Jika suatu logam dapat mereduksi unsur-unsur disebelah kanannya, reaksi tersebut berlangsung spontan.

Perhatikanlah contoh berikut :
Cu2+ (aq) + 2e <====> Cu(s) E° = + 0,34 V
Mg2+ (aq) + 2e <====> Mg (s) E° = -2,34 V
Periksalah apakah reaksi berikut berjalan spontan pada kondisi standar
Cu(s) + Mg2+ (aq) <====> Cu2+ (aq) + Mg (s)

Jawab :
Pada reaksi itu magnesium mengalami reduksi, sedangkan tembaga mengalami oksidasi.
E sel = E° red – E° oks = -2,34 V – 0,34 V = -2,68 V

Oleh karena E° sel bertanda negatif, maka reaksi itu tidak dapat spontan pada kondisi standar.Jika suatu reaksi redoks tidak spontan, maka reaksi kebalikannya yang berlangsung spontan. yaitu reaski Mg dengan ion Cu mempunyai potensial + 2,68, dapat berlangsung spontan.
Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Menyimpulkan Ciri-ciri Reaksi Redoks yang Berlangsung Secara Spontan"