Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi Materi Ujian PPPK 2021 dan Perhitungan Persentase Soalnya

Kisi-Kisi Materi Ujian PPPK 2021 dan Persentase Soalnya

Kisi-Kisi Materi Ujian PPPK 2021 dan Perhitungan Persentase Soalnya - Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Kedudukan hukum PPPK sebagai ASN diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 dan turunannya pada PP 11 Tahun 2017, PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dan Peraturan Badan Kepegawaian Negara tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Dalam aturan tersebut PPPK adalah pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan ketentuan UU tersebut. 

Secara sederhana, PPPK adalah pegawai ASN yang diangkat dan dipekerjakan dengan perjanjian kontrak sesuai jangka waktu yang ditetapkan. Jadi, jika dalam jangka waktu kontrak yang ditetapkan telah selesai maka masa kerja PPPK bisa berakhir atau diperpanjang sesuai kebutuhan.

  • Masa perjanjian kerja paling singkat satu tahun
  • Dapat diperpanjang sesuai kebutuhan dan
  • Berdasarkan penilaian kinerja.

Pada seleksi PPPK kali ini, setiap pendaftar diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi sampai tiga kali. Jika gagal pada kesempatan pertama, dapat belajar dan mengulang ujian hingga dua kali lagi. Bisa dilakukan di tahun yang sama atau berikutnya.

Ada dua tahapan seleksi, yakni seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi pengadaan PPPK, wajib mengikuti wawancara untuk menilai integritas dan moralitas sebagai bahan penetapan hasil seleksi.

Pemerintah juga telah menyediakan materi pembelajaran secara daring. Itu diberikan untuk membantu pendaftar mempersiapkan diri sebelum ujian seleksi. Sedangkan biaya penyelenggaraan seleksi PPPK, semuanya akan ditanggung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Berikut kisi-kisi materi ujian PPPK yang disiapkan di portal kemdikbud.

Kisi-Kisi Materi Ujian PPPK 2021 dan Perhitungan Persentase Soalnya

Bobot nilai 60% terdiri dari :

1. Kompetensi Teknis

Kompetensi Teknis merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangan. Kompetensi ini berkaitan dengan bidang teknis jabatan. Soal ujian Kompetensi teknis akan diberikan sesuai mata pelajaran yang dipilih oleh peserta. Terdiri dari 50 butir soal dengan waktu pengerjaan 60 menit.

2. Tes Bakat Skolastik

Tes Bakat Skolastik (TBS) merupakan tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang secara kognitif. Soal tes ini terdiri dari soal-soal penalaran atau logika. Terdiri dari 40 butir soal dengan waktu pengerjaan 60 menit.

Bobot Nilai 40% terdiri dari :

1. Kompetensi Manajerial

Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi. Tes manajerial terdiri dari 30 butir soal dengan waktu pengerjaan 25 menit. Soal-soal pada tes manajerial digunakan untuk mengukur kepemimpinan atau pengelolaan unit organisasi peserta.

2. Kompetensi Sosio-Kultural

Sosio-Kultural merupakan ujian untuk mengukur kemampuan peserta dalam berinteraksi dengan masyarakat majemuk sesuai peran, fungsi, dan jabatan. Terdiri dari 20 soal dengan waktu pengerjaan 15 menit.

3. Pertanyaan wawancara

Pertanyaan wawancara dalam Seleksi PPPK akan dijawab secara tertulis oleh peserta. Tes ini terdiri dari 10 butir soal dengan waktu pengerjaan 10 menit.

Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Kisi-Kisi Materi Ujian PPPK 2021 dan Perhitungan Persentase Soalnya"