Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat PTK Untuk Pembelajaran Kimia Pada Materi Sifat Koligatif Larutan, Konsep Mol, Larutan, Kesetimbangan Kimia + Soal & Pembahasan

Manfaat PTK Untuk Pembelajaran Kimia Pada Materi Sifat Koligatif Larutan, Konsep Mol, Larutan, Kesetimbangan Kimia + Soal & Pembahasan

Tujuan Pembelajaran :

Dengan melakukan PTK berdasarkan masalah yang muncul pada pembelajaran materi sifat koligatif larutan, konsep mol, larutan, kesetimbangan kimia, peserta dapat menjelaskan manfaat hasil penelitian untuk memecahkan permasalahan pembelajaran kimia melalui penelitian.

Uraian Materi :

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Penelitian tindakan kelas adalah penelitian dari, oleh, dan untuk guru dengan tujuan untuk meningkatkan keprofesionalan guru. PTK dapat pula diartikan sebagai penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan/atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau di sekolah tempat guru mengajar dengan tujuan perbaikan dan/atau peningkatan kualitas proses dan praktik pembelajaran.

Manfaat PTK bagi guru adalah akan semakin terlihat profesional, karena guru terbiasa melakukan penelitian, sehingga guru makin percaya diri, mandiri, dan berani mengambil resiko dalam melakukan pembaharuan.

Soal dan Pembahasan :

Soal + Pembahasan No. 1

Setelah mempelajari hasil PTK teman sejawatnya, bu Najwa ingin menerapkannya pada kelas yang diajarnya dengan memodifikasi sesuai dengan karakteristik dan kondisi sekolahnya. Adapun PTK yang diadaptasi tersebut berjudul “Pengaruh Penerapan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Konsep Mol”. Bu Najwa menyadari jika peserta didiknya kurang memiliki kemandirian dalam belajar. Oleh karena itu, Bu Najwa hanya akan mengambil metode problem posing-nya, lalu digunakan untuk meningkatkan kemandirian anak didiknya. Pada akhir siklus pertama, Bu Najwa mengadakan refleksi dengan memberikan angket refleksi pada peserta didik yang bertujuan untuk ...

A. Mengevaluasi terhadap ketepatan tindakan yang dipilih untuk diperbaiki

B. Menganalisis tingkat keberhasilan tindakan yang diterapkan sebagai data

C. Menjalin komunikasi positif dengan peserta didik selama PTK dilaksanakan

D. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan tindakan yang dilakukan

E. Mengembangkan model tindakan lain untuk diterapkan di siklus berikutnya


Pembahasan :

Refleksi dalam PTK bertujuan untuk mendapatkan masukan dari siswa dan juga observer yang dilibatkan dalam PTK agar dapat menjadi bahan evaluasi dalam memperbaiki atau mengubah tindakan yang dilakukan pada siklus sebelumnya jka dianggap kurang tepat.

Refleksi juga dapat dilakukann dengan melakukan diskusi terhadap berbagai masalah yang terjadi di kelas selama berlangsungnya tindakan solutif, sehingga berdasarkan hasil refleksi dapat ditentukan perbaikan tindakan (replanning) untuk siklus berikutnya.

JAWABAN : A


Soal + Pembahasan No. 2

Beberapa waktu yang lalu bu Intan mengikuti seminar nasional di salah satu Perguruan Tinggi. Salah satu pembicara menguraikan hasil PTK yang telah dilakukan, yaitu siswa lebih aktif dan hasil belajarnya meningkat. Bu Intan meminta perangkat (RPP, LKS, evaluasi) yang dikembangkan pembicara untuk diterapkan di kelasnya. Hal yang dilakukan Bu Intan dalam mengimplementasikan perangkat tersebut adalah ...

A. Menerapkan langsung semua perangkat yang diterima (RPP, LKS, evaluasi) di kelas penelitian

B. Hanya menerapkan RPP, sedangkan LKS dan evaluasi disesuaikan kondisi sekolah

C. Hanya menerapkan LKS, sedangkan RPP dan evaluasi disesuaikan kondisi sekolah

D. Hanya menerapkan evaluasi, sedangkan RPP dan LKS disesuaikan kondisi sekolah

E. RPP, LKS, dan evaluasi dievaluasi dan disesuaikan dengan kondisi siswa dan kondisi sekolah


Pembahasan :

PTK harus berawal dari permasalahan kontekstual, yaitu permasalahan yang dihadapi oleh siswa yang kita ajar. Semua perangkat pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik siswa, kondisi sekolah, dan sarana prasarana yang ada di sekolah.

JAWABAN : E


Soal + Pembahasan No. 3

Semester ini Bu Merry akan melakukan PTK, ketika PTK mulai dilaksanakan ternyata pada siklus pertama diketahui belum berhasil meningkatkan pemahaman siswa. Hal yang harus dilakukan bu Merry adalah ...

A. Mengulang siklus 1 pada jam pelajaran dengan melakukan penyempurnaan

B. Mengulang siklus 1 di luar jam pelajaran dengan melakukan penyempurnaan

C. Melakukan perbaikan di luar jam pelajaran sebelum melanjutkan ke siklus 2

D. Melanjutkan siklus 2 pada jam pelajaran berikutnya dengan perbaikan

E. Menghentikan PTK pada siklus 1 karena dianggap telah gagal


Pembahasan :

PTK dijalankan sesuai jam pelajaran yang ada. Jika belum menunjukkan hasil yang meningkat pada siklus pertama, maka dapat diperbaiki pada siklus berikutnya.

JAWABAN : D


Sumber gambar :

Teacher icons created by monkik - Flaticon
Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Manfaat PTK Untuk Pembelajaran Kimia Pada Materi Sifat Koligatif Larutan, Konsep Mol, Larutan, Kesetimbangan Kimia + Soal & Pembahasan"