Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menganalisis Hasil Penilaian Pembelajaran Materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia + Soal & Pembahasan

Menganalisis Hasil Penilaian Pembelajaran Materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia + Soal & Pembahasan

Tujuan Pembelajaran :

Dengan mendalami makna nilai bagi siswa dan mencermati materi reaksi redoks dan elektrokimia, peserta dapat menganalisis hasil penilaian pembelajaran materi tersebut.

Uraian Materi :

FUNGSI PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN

Penilaian hasil belajar berfungsi untuk memantau kemajuan dan hasil belajar, mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Selain itu penilaian berfungsi (1) formatif, yaitu memperbaiki kekurangan hasil belajar peserta didik dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada setiap kegiatan penilaian selama proses pembelajaran dalam satu semester, sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 agar peserta didik tahu, mampu, dan mau. Hasil dari kajian terhadap kekurangan peserta didik digunakan untuk memberikan pembelajaran remedial dan perbaikan RPP serta proses pembelajaran yang dikembangkan guru untuk pertemuan berikutnya; dan (2) sumatif, yaitu menentukan keberhasilan belajar peserta didik pada akhir suatu semester, satu tahun pembelajaran, atau masa pendidikan di satuan pendidikan. Hasil dari penentuan keberhasilan ini digunakan untuk menentukan nilai rapor, kenaikan kelas dan keberhasilan belajar satuan pendidikan seorang peserta didik.

Menurut Permendikbud Nomor 104/2014 dinyatakan bahwa tujuan penilaian sebagai berikut :

1. mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remedial dan program pengayaan;

2. menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi belajar peserta didik dalam kurun waktu tertentu, yaitu harian, tengah semesteran, satu semesteran, satu tahunan, dan masa studi satuan pendidikan;

3. menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi bagi mereka yang diidentifikasi sebagai peserta didik yang lambat atau cepat dalam belajar dan pencapaian hasil belajar;

4. memperbaiki proses pembelajaran pada pertemuan semester berikutnya. Dengan demikian tujuan penilaian adalah mengetahui tingkat pencapaian kompetensi yang diperoleh peseta didik, serta digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran.

Penilaian diperoleh melalui teknik tes maupun non tes dengan berbagai perangkat ukur maupun bentuk lainnya (tes tertulis, lisan, atau kinerja) dan dilakukan secara konsisten, sistematis, dan terprogram.

Soal dan Pembahasan :

Soal + Pembahasan No. 1

Hasil ujian materi redoks dan elektrokimia, sebagian besar anak didik menjawab salah soal yang menanyakan terjadinya korosi pada pagar besi, yaitu soal nomor 7. Berikut ini data hasil ujian dari 30 peserta didik :

Akhirnya guru memperbaikinya dengan cara menjelaskan kembali bahwa korosi hanya dapat terjadi jika pagar besi tidak dilapisi cat dan ...

A. Kontak langsung dengan O₂ di udara

B. Kontak dengan uap air dan O₂ di udara

C. Kontak dengan uap air dan N₂ di udara

D. Terkena hujan secara terus-menerus

E. Terkena sinar matahari secara langsung


Pembahasan :

Syarat terjadinya perkaratan (korosi) pada besi adalah adanya oksigen dan uap air di udara yang ada di sekitar besi tersebut.

JAWABAN : B


Soal + Pembahasan No. 2

Hasil ujian materi asam basa ditemukan bahwa banyak siswa mengalami miskonsepsi dalam menentukan sifat asam dan basa. Miskonsepsi yang dialami siswa adalah semua senyawa yang mengandung OH adalah basa, dimana CH₃COOH dan C₂H₅OH dimaknai sebagai basa. Untuk meluruskan miskonsepsi tersebut, yang dilakukan guru adalah siswa diminta ...

A. Mengerjakan beberapa soal

B. Merangkum materi tersebut

C. Menguji keasaman senyawa yang mengandung OH

D. Untuk mengikuti ujian ulang

E. Mendiskusikannya dengan teman sejawat


Pembahasan :

Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi adanya miskonsepsi adalah melalui percobaan atau praktik langsung untuk membuktikannya. Siswa akan melihat secara langsung fakta tentang sifat senyawa tersebut, sehingga akan terjadi penyelarasan struktur kognitif di dalam diri siswa untuk memperbaiki miskonsepsi yang terjadi.

JAWABAN : C


Soal + Pembahasan No. 3

Pak Badrun mengajar kimia kelas XI A, XIB, dan XIC. Ketiga kelas tersebut diajar dengan perangkat yang sama. Setelah dilakukan ujian ternyata kelas A memiliki ketuntasan klasikal yang rendah dibandingkan kelas B dan C. Hal yang harus dilakukan guru adalah ...

A. Memperhatikan karakteristik siswa pada masing-masing kelas

B. Membedakan jumlah jam mengajar pada masing-masing kelas

C. Mengacak ulang komposisi siswa dalam tiga kelas tersebut

D. Menugaskan siswa kelas A untuk belajar ke kelas B atau C

E. Memberitahu siswa kelas A agar belajar lebih giat lagi


Pembahasan :

Setiap siswa memiliki karakteristik yang khas secara individual, demikian juga setiap kelas memiliki karakteristik yang merupakan representasi dari karakter rata-rata siswa yang ada di kelas tersebut yang kemudian menjadi ciri atau label kelas. Tugas guru untuk memperhatikan karakter kelas agar ketika melaksanakan proses pembelajaran dan mengadakan ujian dapat menyesuaikan dengan karakter kelasnya.

JAWABAN : A


Sumber Gambar :

Icons made by dDara from www.flaticon.com
Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Menganalisis Hasil Penilaian Pembelajaran Materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia + Soal & Pembahasan"