Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Pembelajaran Berdasarkan Karakteristik Siswa Pada Materi Konsep Mol, Struktur Atom, Laju Reaksi, Elektrokimia + Soal & Pembahasan

Strategi Pembelajaran Berdasarkan Karakteristik Siswa Pada Materi Konsep Mol, Struktur Atom, Laju Reaksi, Elektrokimia + Soal & Pembahasan

Tujuan Pembelajaran :

Dengan mencermati karakteristik dan kompetensi siswa dan mendalami materi konsep mol, struktur atom, laju reaksi, elektrokimia, peserta dapat memilih strategi pembelajaran kimia berdasarkan karakteristik siswanya.

Uraian Materi :

KARAKTERISTIK SISWA

Masing-masing siswa sebagai individu dan subjek belajar memiliki karakteristik atau ciri-ciri sendiri. Kondisi atau keadaan yang terdapat pada masing-masing siswa dapat mempengaruhi bagaimana proses belajar siswa tersebut. Dengan kondisi siswa yang mendukung, maka pembelajaran tentu dapat dilakukan dengan lebih baik, sebaliknya pula dengan karakteristik yang lemah, maka dapat menjadi hambatan dalam proses belajar mengajar.

Dalam bukunya, Sardiman (2011: 120) menyebutkan bahwa terdapat 3 macam karakteristik yang ada pada siswa yang perlu diperhatikan guru, yaitu :

1. Karakteristik siswa yang berkenaan dengan kemampuan awal siswa, misalnya adalah kemampuan intelektual, kemampuan berpikir, dan lain-lain.

2. Karakteristik siswa yang berkenaan dengan latar belakang dan status sosial.

3. Karakteristik siswa yang berkenaan dengan perbedaan-perbedaan kepribadian, seperti sikap, perasaan, minat, dan lain-lain.

Berdasarkan macam-macam jenis dan sumber karakteristik yang ada pada siswa ini guru dapat menentukan data-data apa saja yang perlu diketahui informasinya dan digali dari peserta didik. Kondisi pada siswa juga senantiasa dapat mengalami perubahan, guru hendaknya memantau segala perubahan keadaan yang ada pada siswa, baik sebelum pembelajaran dimulai, saat pembelajaran, hingga paska pembelajaran, dan evaluasi.

Soal dan Pembahasan :

Soal + Pembahasan No. 1

Pak Dedi hari ini akan mengajar materi laju reaksi dengan menerapkan metode pembelajaran tertentu yang disesuaikan dengan karakter siswa yang pasif dalam proses pembelajaran. Metode yang tepat diterapkan Pak Dedi adalah metode ...

A. Tanya jawab

B. Kooperatif

C. Diskusi

D. Demonstrasi

E. Penugasan


Pembahasan :

Dengan metode tanya jawab mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam proses perolehan ilmu, sehingga karakter yang pasif siswa dapat diatasi. Tentu saja metode ini diterapkan dengan cara meminta siswa secara bergiliran aktif bertanya atau aktif menjawab/berpendapat.

Karakter siswa yang pasif dapat disebabkan karena kurang berminat pada materi pelajaran kimia, gurunya, atau kemampuan intelektualnya yang kurang memadai untuk dapat menangkap materi kimia dengan baik.

JAWABAN : A


Soal + Pembahasan No. 2

Ketika mengajarkan materi elektrokimia, Pak Anang hanya menjelaskan materi melalui ceramah tanpa memberikan visualisasi, karena menurutnya siswa sudah mampu memahami konsep yang abstrak. Setelah dilakukan ujian, ternyata sebagian besar siswa memperoleh nilai yang rendah. Pak Anang menyadari bahwa karakteristik individu tidaklah sama, sehingga dia ingin mengulangi penyampaian materi tersebut dengan cara menerapkan strategi yang lebih tepat untuk memperbaikinya, yaitu dengan memberikan ...

A. Visualisasi yang dapat membantu daya abstraksi siswa

B. Tambahan waktu belajar agar leluasa menyampaikan materi

C. Tambahan bacaan agar wawasan siswa menjadi lebih luas

D. Pelajaran tambahan pada siswa yang nilainya rendah

E. Tugas untuk didiskusikan siswa secara berkelompok


Pembahasan :

Nilai yang rendah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti minat yang rendah terhadap pelajaran, sikap yang pasif ketika guru mengajar, kemampuan intelektual yang kurang memadai, dan lain-lain. Guru harus menyadari bahwa karakteristik setiap siswa berbeda meskipun usia mereka hampir sama. Oleh karena itu ketika menyampaikan materi yang bersifat abstrak, meskipun menurut Piaget mereka berada pada tahap operasional formal, yang artinya sudah mampu berpikir abstrak, namun tidak semua siswa sesuai tahap tersebut. Dengan demikian untuk menyampaikan materi yang bersifat abstrak guru harus tetap berusaha membuat visualisasinya agar siswa-siswa yang tidak mampu berpikir abstrak dapat dibantu memahami.

JAWABAN : A


Soal + Pembahasan No. 3

Bu Lis sangat yakin jika setiap materi pelajaran diajarkan secara visual melalui tampilan gambar, video, maupun peraga, maka hasil belajar pasti meningkat. Oleh karena itu ketika Bu Lis mengajar materi struktur atom, banyak gambar visual dan video ditampilkan ketika menjelaskan. Namun ternyata setelah diadakan ulangan, sebagian siswa hasil belajarnya justru menurun. Faktor yang lupa diperhatikan Bu Lis adalah bahwa setiap siswa memiliki ...

A. Gaya belajar yang berbeda

B. Kecepatan belajar yang berbeda

C. Latar belakang yang berbeda

D. Hoby yang berbeda

E. Budaya yang berbeda


Pembahasan :

Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda yang merupakan karakteristik indivdual mereka. Secara umum gaya belajar dibagi tiga, yaitu :

1. Visual (belajar dengan cara melihat)

2. Auditori (belajar dengan cara mendengar)

3. Kinestetik (belajar dengan cara bergerak, bekerja, dan menyentuh)

Berdasarkan hal tersebut, maka jika seorang guru mengajar dengan menggunakan gambar visual dan video, maka jika ternyata sebagian siswa kurang dapat memahami, kemungkinan besar siswa-siswa tersebut memiliki gaya belajar yang tidak sesuai, misal siswa tersebut memiliki gaya belajar kinestetik.

JAWABAN : A


Sumber Gambar :

Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Strategi Pembelajaran Berdasarkan Karakteristik Siswa Pada Materi Konsep Mol, Struktur Atom, Laju Reaksi, Elektrokimia + Soal & Pembahasan"