Skip to main content

follow us

Ikatan Kovalen

Ikatan kovalen merupakan ikatan yang terjadi karena pemakaian bersama pasangan elektron. Pasangan elektron ini dapat berasal dari masing-masing atom yang saling berikatan. Ikatan yang terbentuk disebut sebagai ikatan kovalen. Apabila pasangan elektron yang digunakan berasal dari salah satu atom yang berikatan, maka ikatan yang terbentuk disebut dengan ikatan kovalen koordinasi.

Baca juga : Sifat Senyawa Ion

Pembentukan Ikatan Kovalen

Untuk menggambarkan bagaimana ikatan kovalen terjadi, digunakan rumus titik elektron (Struktur Lewis). Rumus ini menggambarkan bagaimana peranan elektron valensi dalam membentuk ikatan. Rumus titik elektron (Struktur Lewis) merupakan tanda atom yang di sekelilingnya terdapat titik, silang, atau bulatan kecil yang menggambarkan elektron valensi atom yang berikatan. Untuk menentukan elektron valensi, perlu dibuat konfigurasi elektronnya. Berikut rumus titik elektron (Struktur Lewis) atom unsur dari beberapa golongan.


Gabungan atom-atom melalui ikatan kovalen akan membentuk molekul. Molekul hidrogen merupakan gabungan dua atom hidrogrn melalui ikatan kovalen di mana masing-masing atom menyumbangkan sebuah elektron dan membentuk sepasang elektron yang digunakan bersama.

Dengan membentuk pasangan elektron, maka masing-masing atom akan mempunyai konfigurasi elektron yang sama dengan atom helium dengan dua elektron pada kulit terluarnya. Sepasang elektron dapat digantikan dengan sebuah garis yang disebut dengan tangan ikatan, sehingga pada molekul H2 dapat digambarkan dengan :


Jumlah tangan ikatan memberikan informasi jumlah ikatan dalam suatu molekul kovalen. Jika di antara dua atom dalam molekul hanya ada sepasang elektron ikatan (satu tangan ikatan), maka ikatannya disebut sebagai ikatan kovalen tunggal. Jika ada dua pasang elektron ikatan maka disebut ikatan kovalen rangkap dua, dan jika ada tiga pasang elektron ikatan maka disebut dengan ikatan kovalen rangkap tiga. Sebagai contoh, molekul O2 terbentuk dari dua atom oksigen dengan ikatan kovalen rangkap dua, sedangkan molekul N2 terbentuk dari dua atom nitrogen dengan ikatan kovalen rangkap tiga.


Dalam pembentukan ikatan kovalen, belum tentu semua elektron valensi digunakan untuk membentuk pasangan elektron bersama. Pasangan elektron yang digunakan bersama oleh dua atom yang berikatan disebut dengan pasangan elektron ikatan. Sedangkan pasangan elektron yang tidak digunakan bersama oleh kedua atom disebut pasangan elektron bebas.

Baca juga : Ikatan Kovalen Koordinasi

Contoh :

Pasangan elektron ikatan dan pasangan elektron bebas pada senyawa NH3.
Konfigurasi elektron :
7N : 2   5
1H : 1

Atom nitrogen memerlukan 3 elektron untuk mendapatkan susunan elektron gas mulia sedangkan setiap atom hidrogen memerlukan sebuah elektron untuk mempunyai konfigurasi elektron gas mulia. Oleh karena itu, setiap atom nitrogen memerlukan tiga atom hidrogen untuk membentuk senyawa NH3.


Semoga bermanfaat ya adik-adik ^_^

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar