Skip to main content

follow us

Memahami Ilmu Kimia Dan Peranannya

Ilmu kimia dapat dipandang sebagai pusatnya ilmu pengetahuan karena terkait erat dengan ilmu pengetahuan yang lain. Perkembangan ilmu kimia mendukung perkembangan teknologi, demikian pula sebaliknya perkembangan teknologi membantu perkembangan ilmu kimia.

Baca juga : Memahami Karakteristik Ilmu Kimia

Berikut  peran ilmu kimia dalam berbagai bidang :
  • Kesehatan dan kedokteran 
Masalah utama dari kesehatan adalah bagaimana usaha manusia untuk secara preventif menghindarkan diri dari penyakit dan bagaimana mengobati suatu penyakit bila sudah terlanjur terjangkit penyakit. Usaha preventif manusia yang dilakukan adalah menciptakan vaksin untuk penyakit-penyakit menular yang disebabkan virus atau bakteri. Semua usaha preventif ini memerlukan riset yang panjang serta kerja sama (Kolaborasi) dari berbagai disiplin ilmu, di mana ilmu KIMIA mempunyai peranan yang utama.
  • Energi dan Lingkungan
Secara teoritis, energi merupakan produk dari proses kimia. Dan kebutuhan akan energi selalu meningkat dari waktu ke waktu. Sumber energi utama di dunia saat ini adalah energi fosil (minyak bumi dan batu bara) yang diperkirakan akan habis 50 - 100 tahun yang akan datang. Hal ini menjadi tugas para ahli kimia untuk menemukan sumber energi alternatif untuk mengatasi krisis energi yang mungkin terjadi di waktu yang akan datang.

Baca juga : Menerapkan Prinsip-Prinsip Metode Ilmiah Untuk Memahami Fenomena Kimia

Beberapa contoh penemuan energi alternatif di antaranya adalah pemanfaatan energi matahari / tenaga surya sebagai sumber listrik, mobil listrik sebagai salah satu alternatif untuk mengurangi polusi udara yang banyak ditimbulkan oleh pembakaran bahan bakar fosil pada kendaraan dll.
  • Teknologi Bahan
Bermodal pemahaman yang baik tentang struktur zat, para ahli kimia berperan penting dalam penemuan material-material baru yang mendukung perkembangan teknologi. Penemuan bahan-bahan baru dari ahli kimia telah mengubah wajah dunia pada abad ini, misalnya penemuan kristal cair (Liquid Crystal Display) telah mengubah bentuk pesawat TV dan telepon genggam menjadi semakin tipis.

Salah satu peralatan yang paling besar mengubah cara hidup manusia di abad ini adalah telepon genggam dan komputer. Kedua peralatan ini menggunakan mikroprosesor sebagai "otaknya", yang dapat melakukan perhitungan rumit dalam waktu super cepat. Bahan utama dari mikroprosesor adalah keping silikon (silicon chips), yang mempunyai sifat semikonduktor dan dikembangkan melalui teknologi nano (nano techonology) oleh para ahli kimia dan ahli fisika.
  • Bahan Pangan dan Pertanian
Pangan adalah kebutuhan primer manusia yang dihasilkan dari industri pertanian. Apakah yang akan terjadi bila pertumbuhan produksi pangan kalah cepat dibandingkan dengan pertumbuhan penduduk dunia ? Untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk, maka produksi bahan pangan harus dioptimalkan sebab jumlah lahan pertanian tidak bertambah tetapi justru mengalami kecenderungan penurunan. Pemanfaatan lahan pertanian yang terus-menerus dan tanpa pola tanam yang benar akan berakibat tanah menjadi kurang subur dan mengakibatkan produksi hasil pertanian tidak maksimal. Oleh karena itu, para ahli kimia berusaha menciptakan pupuk sintesis yang baik sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian tanpa merusak lingkungan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar