Menggambarkan Rumus Titik Elektron (Struktur Lewis) untuk Molekul Poliatom


Penggambaran rumus titik elektron (struktur lewis) dari molekul beratom banyak (poliatom) kadang-kadang menimbulkan kesulitan. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dibuat beberapa kemungkinan. Beberapa catatan berikut dapat berguna dalam meramalkan struktur lewis dari molekul yang beratom banyak.

Baca juga : Ikatan Kovalen Koordinasi
  • Gambarlah semua elektron terluar (elektron valensi) dari masing-masing atom yang berikatan.
  • Umumnya atom-atom di dalam struktur lewis akan mempunyai delapan elektron valensi, kecuali atom hidrogen yang hanya akan mempunyai 2 elektron (duplet).
  • Umumya, atom-atom H akan membentuk pasangan elektron bersama dengan sebuah elektron dari atom O dahulu (ikatan kovalen).
  • Sebuah elektron dari atom O yang tersisa akan membentuk pasangan elektron dengan atom lainnya (ikatan kovalen).
  • Bila atom H dan atom O sudah dipasangkan semua, maka sisa atom oksigen baru membentuk pasangan elektron dengan atom lain dengan atom lain dengan ikatan kovalen atau kovalen koordinasi.
  • Umumnya, di dalam struktur lewis semua elektron berpasangan, termasuk pasangan elektron bebas (tidak untuk berikatan).

Contoh :

1. Gambarkan struktur lewis dari molekul H2O2 (nomor atom H = 1; O = 8).
Jawab :


2. Gambarkan struktur lewis dari molekul H2SO4 (nomor atom S = 16).
Jawab :
Pertama-tama, atom hidrogen dan oksigen dipasangkan dahulu membentuk ikatan kovalen sebagai gugus -OH. Lagkah berikutnya, elektron dari atom O yang belum berpasangan dipasangkan dengan elektron dari atom S. Terakhir, 2 buah atom O membentuk ikatan kovalen koordinasi dengan atom S dengan mengambil pasangan elektron bebas dari atom S.


Jawab :
Kemungkinan strukturnya adalah :
a. H-C-N
b. H-N-C
c. N-H-C
Kemungkinan (c) ditolak sebab atom H hanya akan mempunyai sepasang elektron saja.

Bila dihitung, jumlah elektron keseluruhan ada 10 (1 dari atom H, 4 dari atom C dan 5 dari atom N). Jika atom N di tengah (b), berarti ada sebuah elektron dari N yang menyendiri (tidak berpasangan). Hal ini tidak lazim, maka kemungkinannya hanya (a) yang memenuhi syarat.

Baca juga : Penyimpangan Kaidah Oktet

Bila struktur (a) dibuat, maka harus ada ikatan rangkap 3 diantara C dan N sebab bila tidak, atom C di tengah tidak memenuhi oktet. Oleh karena itu, pasangan elektron bebas harus digeser dari atom C dan atom N ke tengah.


Semoga membantu ^_^

Subscribe this Blog:

Belum ada Komentar untuk "Menggambarkan Rumus Titik Elektron (Struktur Lewis) untuk Molekul Poliatom"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Centang "Beri tahu saya" untuk mendapatkan pemberitahuan balasan komentar anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel