Skip to main content

follow us

Menggambarkan Rumus Titik Elektron (Struktur Lewis) untuk Molekul Poliatom

Penggambaran rumus titik elektron (struktur lewis) dari molekul beratom banyak (poliatom) kadang-kadang menimbulkan kesulitan. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dibuat beberapa kemungkinan. Beberapa catatan berikut dapat berguna dalam meramalkan struktur lewis dari molekul yang beratom banyak.

Baca juga : Ikatan Kovalen Koordinasi
  • Gambarlah semua elektron terluar (elektron valensi) dari masing-masing atom yang berikatan.
  • Umumnya atom-atom di dalam struktur lewis akan mempunyai delapan elektron valensi, kecuali atom hidrogen yang hanya akan mempunyai 2 elektron (duplet).
  • Umumya, atom-atom H akan membentuk pasangan elektron bersama dengan sebuah elektron dari atom O dahulu (ikatan kovalen).
  • Sebuah elektron dari atom O yang tersisa akan membentuk pasangan elektron dengan atom lainnya (ikatan kovalen).
  • Bila atom H dan atom O sudah dipasangkan semua, maka sisa atom oksigen baru membentuk pasangan elektron dengan atom lain dengan atom lain dengan ikatan kovalen atau kovalen koordinasi.
  • Umumnya, di dalam struktur lewis semua elektron berpasangan, termasuk pasangan elektron bebas (tidak untuk berikatan).

Contoh :

1. Gambarkan struktur lewis dari molekul H2O2 (nomor atom H = 1; O = 8).
Jawab :


2. Gambarkan struktur lewis dari molekul H2SO4 (nomor atom S = 16).
Jawab :
Pertama-tama, atom hidrogen dan oksigen dipasangkan dahulu membentuk ikatan kovalen sebagai gugus -OH. Lagkah berikutnya, elektron dari atom O yang belum berpasangan dipasangkan dengan elektron dari atom S. Terakhir, 2 buah atom O membentuk ikatan kovalen koordinasi dengan atom S dengan mengambil pasangan elektron bebas dari atom S.


Jawab :
Kemungkinan strukturnya adalah :
a. H-C-N
b. H-N-C
c. N-H-C
Kemungkinan (c) ditolak sebab atom H hanya akan mempunyai sepasang elektron saja.

Bila dihitung, jumlah elektron keseluruhan ada 10 (1 dari atom H, 4 dari atom C dan 5 dari atom N). Jika atom N di tengah (b), berarti ada sebuah elektron dari N yang menyendiri (tidak berpasangan). Hal ini tidak lazim, maka kemungkinannya hanya (a) yang memenuhi syarat.

Baca juga : Penyimpangan Kaidah Oktet

Bila struktur (a) dibuat, maka harus ada ikatan rangkap 3 diantara C dan N sebab bila tidak, atom C di tengah tidak memenuhi oktet. Oleh karena itu, pasangan elektron bebas harus digeser dari atom C dan atom N ke tengah.


Semoga membantu ^_^

Baca Juga :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar