Skip to main content

follow us

Persamaan Reaksi

Fokus yang dipelajari dalam ilmu kimia adalah materi dan perubahannya. Perubahan kimia disebut juga sebagai reaksi kimia. Pada reaksi kimia, zat-zat yang mengalami perubahan disebut Zat Pereaksi atau reaktan sedangkan zat-zat hasil perubahan disebut hasil reaki atau produk. Persamaan reaksi menggambarkan rumus kimia zat-zat pereaksi atau reaktan dan zat-zat hasil reaksi atau produk yang dibatasi dengan tanda panah.

Selain menggambarkan rumus kimia, persamaan reaksi yang lengkap (sempurna) juga menunjukkan wujud zat yang terlibat dalam reaksi. Wujud zat dalam persamaan reaksi disingkat dengan :
  • (s) : zat padat (solid)
  • (l) : zat cair (liquid)
  • (aq) : larutan dalam air (aqueous)
  • (g) : gas
Contoh :
  • Arang atau karbon jika dibakar sempurna dengan oksigen akan menghasilkan gas karbon dioksida.
    Rumus kimia karbon adalah C dan wujudnya padat, rumus kimia gas oksigen O2, dan rumus kimia gas karbon dioksida CO2. Persamaan reaksi dari pernyataan tersebut dituliskan sebagai :
    C(s) + O2(g) ==> CO2(g)
  • Batu pualam yang berwujud padat dengan rumus kimia CaCO3 bila dimasukkan ke dalam larutan asam klorida yang rumus kimianya HCl, akan berubah menjadi larutan kalsium klorida yang rumus kimianya CaCl2, air (H2O), dan gas karbon dioksida (CO2). Persamaan reaksinya dituliskan sebagai :
    CaCO3(s) + 2HCl(aq) ==> CaCl2 + H2O(l) + CO2(g)
  • Uap amonium klorida terurai menghasilkan gas amonia dan gas hidrogen klorida. Persamaan reaksinya dinyatakan dengan :
    NH4Cl(g) ==> NH3(g) + HCl(g)

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar