Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Super Kilat Memahami Afinitas Elektron


Afinitas elektron adalah energi yang dibebaskan oleh suatu atom dalam wujud gas ketika menerima sebuah elektron. Afinitas elektron juga dinyatakan dalam kJ/mol.

Tanda negatif menunjukan energi dilepaskan.

Unsur yang memiliki afinitas elektron bertanda negatif, berarti mempunyai kecenderungan lebih besar dalam menyerap elektron daripada unsur yang afinitas elektronnya bertanda positif.

Baca juga : Trik Super Kilat Menghafal Tabel SPU

Makin negatif nilai afinitas elektron, maka makin besar kecenderungan unsur tersebut dalam menyerap elektron (kecenderungan membentuk ION NEGATIF).

Dalam satu GOLONGAN, afinitas elektron cenderung BERKURANG dari atas ke bawah.

Dalam satu PERIODE, afinitas elektron cenderung BERTAMBAH dari kiri ke kanan. Kecuali unsur alkali tanah dan gas mulia, semua unsur golongan utama mempunyai afinitas elektron bertanda NEGATIF. Afinitas elektron terbesar dimiliki oleh golongan HALOGEN.

Jadi, afinitas ini berkebalikan dengan jari-jari atom yh sobat. Nah, Semakin besar negatif afinitasnya maka atom tersebut semakin mudah MENYERAP elektron sehingga makin STABIL jika membentuk ANION dan pastinya semakin bersifat NONLOGAM.
Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Trik Super Kilat Memahami Afinitas Elektron"