Skip to main content

follow us

Trik Super Kilat Memahami Keelektronegatifan

Keelektronegatifan adalah kecenderungan suatu atom untuk bermuatan negatif atau untuk menangkap elektron dari atom lain.

Besarnya keelektronegatifan dapat diukur dengan menggunakan skala Pauling. Harga skala Pauling berkisar antara 0,7 – 4,0.

Skala Pauling adalah skala yang dikenalkan pertama sekali tahun 1932, dan merupakan skala yang paling sering digunakan dalam pengukuran elektronegativitas suatu unsur. FLUOR (unsur yang paling elektronegatif) diberikan skala Pauling dengan harga 4.0, dan harganya menurun sampai cesium dan FRANSIUM yang setidaknya hanya memiliki elektronegatifitas pada skala 0.7.

Baca juga : Trik Super Kilat Memahami Afinitas Elektron

Unsur-unsur SEPERIODE dari kiri ke kanan, muatan inti atom makin bertambah sehingga gaya tarik inti ke elektron terluar bertambah. Akibatnya, jari-jari atom makin kecil, energi ionisasi makin besar, afinitas elektron makin besar (makin negatif), dan kecenderungan untuk menarik elektron MAKIN BESAR.

Jadi, keelektronegatifan ini nilainya berbalik dari jari-jari atom yah sobat.

KE KIRI MAKIN BESAR
KE BAWAH MAKIN KECIL

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar