Skip to main content

follow us

Trik Super Kilat Memberi Nama Senyawa Turunan Benzena

Benzena dikenal dengan rumus kimia C6H6. Senyawa ini dikenal juga dengan nama (nama IUPAC = 1,3,5-sikloheksatriena). Dalam turunannya, bisa 1 (satu) atau lebih atom H pada benzena digantikan oleh gugus lain.

Pada tata nama bagian ini, memiliki ciri-ciri:

Ada dua atom H pada benzena yang digantikan posisinya oleh gugus lain. Dua gugus pengganti bisa berjenis sama atau berbeda.

Penamaannya berdasarkan prioritas gugus-gugus yang digantikan menjadi rantai utama, artinya nama gugus yang ini harus lebih dulu daripada gugus yang satunya lagi. Dikenal dengan istilah orto (o) (posisi 1,2), meta (m) (posisi 1,3), para(p) (posisi 1,4) untuk menentukan posisi gugus yang tidak menjadi rantai utama disingkat OMP.

Urutan prioritas rantai induk (gugus dari paling prioritas hingga paling tidak prioritas): —COOH ; —HSO3 ; —CHO ; —CN ; —OH ; —NH2 ; —R (alkil) ; —NO2 ; —X (halogen)

Cara hafal urutan prioritas di atas :
COba-SOto-CHa-CiNg-OH-NHikmat-Rasanya-NO-boraX

Nah, pada gambar yang tertera kita coba memberikan namanya :

Gugus utamanya : benzoat bukan fenol ; karena COOH lebih prioritas dari gugus OH. Jangan lupa gugus utama diberi nomor 1.
Gugus cabangnya : hidroksi ; diberi nomor sekecil mungkin yaitu nomor 2 bukan nomor 5.
Sehingga diperoleh posisi 1,2 yaitu orto-

Jadi, nama senyawa pada gambar :
o-hidroksibenzoat
(ingat akhiran -at menunjukkan asam)

Catatan :
OMP hanya berlaku untuk 2 gugus/substituen.

Demikian sobat, selamat belajar yah.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar