Skip to main content

follow us

Trik Super Kilat Mengingat Sistem Koloid

Koloid adalah suatu campuran zat heterogen antara dua zat atau lebih di mana partikel-partikel zat yang berukuran koloid tersebar merata dalam zat lain. Ukuran koloid berkisar antara 1-100 nm ( 10-7 – 10-5 cm ).
Contoh: Mayones dan cat, mayones adalah campuran homogen di air dan minyak dan cat adalah campuran homogen zat padat dan zat cair.

Sistem koloid adalah suatu bentuk campuran yang keadaannya terletak antara larutan dan suspensi (campuran kasar). Sistem koloid ini mempunyai sifat-sifat khas yang berbeda dari sifat larutan atau suspensi.

Keadaan koloid bukan ciri dari zat tertentu karena semua zat, baik padat, cair, maupun gas, dapat dibuat dalam keadaan koloid.

Sistem koloid sangat berkaitan erat dengan hidup dan kehidupan kita sehari-hari. Cairan tubuh, seperti darah adalah sistem koloid, bahan makanan seperti susu, keju, nasi, dan roti adalah sistem koloid. Cat, berbagai jenis obat, bahan kosmetik, tanah pertanian juga merupakan sistem koloid.

Karena sistem koloid sangat berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari, kita harus mempelajarinya lebih mendalam agar kita dapat menggunakannya dengan benar dan dapat bermanfaat untuk diri kita.

 Koloid adalah suatu sistem campuran “metastabil” (seolah-olah stabil, tapi akan memisah setelah waktu tertentu). Koloid berbeda dengan larutan; larutan bersifat stabil.

Di dalam larutan koloid secara umum, ada 2 zat sebagai berikut :

– Zat terdispersi, yakni zat yang terlarut di dalam larutan koloid

– Zat pendispersi, yakni zat pelarut di dalam larutan koloid.

JADI SINGKATNYA :
FASE PENDISPERSI ITU PELARUT (YANG TAMPAK)

FASE TERDISPERSI ITU ZAT TERLARUT (YG DI DALAM)

MISALNYA : AGAR-AGAR
SOBAT LIATNYA KAN "PADAT" TAPI DI DALAMNYA SETELAH DIKUNYAH TERNYATA "CAIR" berarti termasuk SISTEM CAIR DALAM PADAT disebut SOL CAIR (GEL).

Satu LAGI misalnya BISKUIT ATAU ROTI kalo kita liat PADAT tapi after dikunyah ada lubang-lubang GAS didalamnya jadi termasuk GAS DALAM PADAT yaitu BUIH PADAT.

Gimana sobat... lebih asyikkan mengingat kejadian-kejadian hidup kita hehe.

Nah, ... Berdasarkan fase terdispersi maupun fase pendispersi suatu koloid dibagi sebagai berikut (boleh sobat liat gambar yah). CARA INGATNYA GINI :

JIKA KITA LIHAT TABEL :
FASE PENDISPERSI gas SUDAH PASTI aerosol (MUDAH DIINGAT)

FASE TERDISPERSI :
CAIR : EMULSI
PADAT : SOL
GAS : BUIH

CARA HAFALNYA :
Si CR Solat Buang Gas
emulSi CaiR Sol Padat Buih Gas

Gimana sobat jadi lebih mudahkan? Semoga bisaa membantu yah. Tetap semangat!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar