Skip to main content

follow us

Koloid Liofil dan Koloid Liofob

Berdasarkan interaksi antara partikel terdispresi dengan medium pendispresinya, sisitim koloid dibedakan menjadi dua macam, yaitu koloid loifil dan koloid liofob. Koloid liofil adalah koloid yang fase terdispersinya suka menarik medium pendispersinya. Peristiwa ini disebabkan gaya tarik antara partikel-partikel terdispersi dengan medium pendispersinya kuat.

Koloid liofob adalah sistim koloid yang fase terdispresinya tidak suka menarik medium pendisprsinya. Jika medium pendispresinya air, koloid liofil disebut juga sebagai koloid hidrofil. Sedangkan koloid liofob disebut sebagai koloid hidrofob. Perbedaan kemampuan menarik medium pendispersinya mengakibatkan terjadinya perbedaan sifat-sifat koloid tersebut. Perbedaan sifat dari kedua koloid tersebut terlihat pada sol liofil dan sol liofob seperti pada tabel berikut.


Pemanfaatan sifat hidrofot dan hidrofil adalah pada penggunaan deterjen dalam proses pencucian pakaian. Kotoran yang menempel pada kain ada yang mudah larut dalam air dan ada juga yang tidak larut dalam air, misalnya kotoran yang berupa lemak dan minyak.

Proses pencucian bertujuan agar lemak dan minyak dapat teremulsi didalam air, tetapi lemak dan minyak lebih kuat menempel pada kain, sebbab lemak dan minyak tidak larut dalam air. Dengan bantuan sabun atau deterjen, lemak dan minyak akan ditarikdari serat pakaian dengan mudah. Oleh karena deterjen larut dalam air, maka lemak dan minyak dapat terlepas dari kain.

Kemampuan deterjen menarik lemak dan minyak disebabkan oleh molekul diterjen terdapat ujunf hidfil yang menarik air dan ujung hidfob yang berpegang erat pada lemak dan minyak.akibat adanya gaya tarik menarik tersebut, tegangan permukaan air menurun sehingga permukaan air mudah meresap pada air. Akibatnya kotoran yang berupa lemak dan minyak mudah terlepas dari kain.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar