Suspensi


Suspensi merupakan sisitem dispersi dimana partikel yang ukurannya relatif besar tersebar merata didalam medium pendispersinya. Pase umumnya, sistem dispersi merupakan campuran yang heterogen. Sebagai contoh adalah endapan hasil reaksi atau pasir yang dicampur air. Dalam sistem dispersi tersebut, pertikel - partikel dispersi dapat diamati dengan mikroskop dan bahkan dengan mata.

Suspensi merupakan sistem dispersi yang tidak stabil sehingga jika tidak diaduk terus-menerus akan mengendan akibat gaya gravitasi bumi. Cepatlambatnya suspensi mengendap tergantung pada besar kecilnya partikel zat terdispersi, semakin cepat terjadinya proses pengendapan. Untuk memindahkan suspensi, dapat dilakkukan dengan proses penyaringan (filtrasi) . oleh karena ukuran partikelnya besar, zat-zat yang terdispersiakan tertinggal dikertas saring.

Endapan hasil reaksi berupa suspensi yang ukurannya sangat kecil sukar terpisah. Untuk mempercepat pemisahan, dapat dilakukan sentrifugasi dengan menggunakan alat sentrifungs( alat pemutar dengan kecepatan tinggi).
Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Suspensi"