Skip to main content

follow us

Soal dan Pembahasan UN Biologi SMA Tahun 2018 (11 - 15)

Pembahasan soal sebelumnya ⟹ 6 - 10

11. Perhatikan data percobaan dibawah ini!


Bahan makanan yang mengandung protein adalah...
A. K dan M
B. K dan N
C. L dan N
D. L dan O
E. N dan O

Pembahasan : A
  • Biuret digunakan untuk menguji kandungan protein. Bila makanan ditetesi biuret, akan berubah warna menjadi ungu, maka mengandung protein.
  • Benedict digunakan untuk menguji kandungan glukosa pada bahan makanan jika hasil reaksi tersebut menghasilkan warna merah bata.
  • Kertas transparan digunakan sebagai uji lemak. Bahan makanan yang mengandung lemak akan membuat kertas buram menjadi transparan jika dioleskan pada kertas buram.
Jadi kandungan bahan makanannya adalah :
K = Protein
L = tidak mengandung glukosa, protein, dan lemak
M= protein dan Lemak
N = tidak mengandung glukosa, protein, dan lemak
O = Glukosa

12. Seorang siswa melakukan pengamatan perkecambahan pada biji kacang. Dia berfikir bahwa pemberian pupuk urea pada saat perkecambahan akan meningkatkan kecepatan perkecambahan. Untuk membuktikan hal tersbut, dia merancang percobaan dengan menggunakan 3 pot yang berbeda yang ditanami biji dengan spesies dalam jumlah yang sama. Pot A ditanam dengan memberikan air biasa, pot B ditambahkan larutan pupuk urea sebesar 5% dan pot C ditambahkan larutan pupuk ZA sebesar 5%. Kedua pot diletakan pada tempat yang sama intensitas cahayanya. Setiap hari selama lima hari siswa tersebut melakukan pengukuran pertumbuhan tinggi batang pada kedua pot.

Berdasarkan data diatas maka dapat diketahui variabel bebas, terikat, dan kontrol secara berurutan dari percobaan tersebut adalah...
A. penggunaan pupuk, tinggi tanaman, dan intensitas cahaya matahari
B. jenis pupuk, tinggi tanaman, dan intensitas cahaya matahari
C. intensitas cahaya matahari, penggunaan pupuk, dan tinggi tanaman
D. intensitas cahaya matahari, tinggi tanaman, dan jenis pupuk
E. tinggi tanaman, intensitas cahaya matahari, dan kadar pupuk yang digunakan.

Pembahasan : B

Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi variabel lainnya. Variabel bebas pada penelitian tersebut adalah jenis pupuk. Pot B pupuk urea sebesar 5%, dan pot C pupuk ZA sebesar 5%. sedangkan Pot A air biasa (kontrol),

Variabel Terikat adalah faktor-faktor yang diamati dan diukur oleh peneliti dalam sebuah penelitian, untuk menentukan ada tidaknya pengaruh dari variabel bebas. Variabel terikat dalam penelitian tersebut adalah tinggi batang tanaman

Variabel kontrol disebut juga sebagai variabel kendali. Variabel ini merupakan variabel yang diupayakan untuk dinetralisasi oleh sang peneliti dalam penelitiannya tersebut. Variabel kontrol dalam penelitian tersebut adalah intensitas cahaya matahari, karena ditempatkan pada kondisi intensitas cahaya matahari yang sama.

13. Suatu jaringan tumbuhan mempunyai ciri : sel mengalami penebalan sekunder dengan lignin, pada saat dewasa selnya mati, sering ditemukan dalam jaringan pembuluh. Jaringan tersebut dan fungsinya adalah...
A. xilem, transportasi
B. floem, transportasi
C. kolenkim, penyokong
D. sklerenkim, penyokong
E. parenkim, jaringan pengisi

Pembahasan : D

Jaringan sklerenkim merupakan jaringan penguat pada organ tumbuhan yang sudah berhenti melakukan pertumbuhan dan perkembangan. Ciri-ciri jaringan sklerenkim, yaotu sel-selnya memiliki dinidng sekunder yang tebal, Biasanya mengandung zat lignin, bersifat kenyal, dan tidak mengandung protoplaskarena sel-selnya telah mati.

14. Hubungan yang tepat antara gambar, struktur, dan fungsi jaringan darah pada manusia adalah...


Pembahasan : E

Gambar, nama, struktur, dan fungsi :
  • A = eritrosit = bentuk bikonkaf, tidak berinti = mengedarkan oksigen
  • B = eosinofil = tidak beraturan, inti nukleus 2 lobus = fagositosit lemah dan membuang racun
  • C = monosit = tinti besar = fagositosit yang aktif dan bermigrasi
  • D = basofil = tidak beraturan = meningkatkan aliran darah dan mencegah penggumpalan darah
  • E = neutrofil = tidak beraturan, nukleus 3-5 lobus = fagositosit

15. Perhatikan gambar organ berikut!


Organ yang berfungsi menyimpan kelebihan gula dalam darah dan tempat terjadinya proses pengikatan O2 oleh darah secara berurutan ditunjukan oleh gambar....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (1)
E. (4) dan (2)

Pembahasan : D

Organ yang berfungsi menyimpan kelebihan gula dalam darah adalah hati dan tempat terjadinya proses pengikatan O2 oleh darah adalah paru-paru.

Pembahasan soal selanjutnya ⟹ 16 - 20

Baca Juga :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar