Skip to main content

follow us

Soal dan Pembahasan UN Biologi SMA Tahun 2018 (16 - 20)

Pembahasan soal sebelumnya ⟹ 10 - 15

16. Pada saat otot berkontraksi, salah satu tahap yang terjadi adalah...
A. panjang zona H berubah, pita I tetap
B. pita I memendek, zona H memendek
C. pita I memendek, pita A memendek
D. pita I memanjang, Pita A memendek
E. pita I memanjang, pita A memanjang

PEMBAHASAN : B
Jenis otot yang mampu menggerakan tulang adalah otot lurik. Sel otot ini memiliki bentuk memanjang sehingga disebut juga sebagai serabut otot. Satu serabut otot tersusun dari miofibril-miofibril. Satu miofibril tersusun dari sarkomer, merupakan wilayah antara dua garis Z. Sarkomer adalah unit otot yang terdiri atas protein filamen tebal (miosin) dan protein filamen tipis (aktin). Pita A adalah daerah gelap yang mengandung aktin dan miosin. Zona H adalah bagian pita A yang hanya mengandung miosin di bagian tengah. Pita I adalah daerah ujung sarkomer yang terdapat daerah terang dan hanya mengandung aktin. Ketika otot berkontraksi, aktin dan miosin bertautan dan saling menggelincir. Akibatnya, zona H dan pita I memendek sehingga sarkomer juga memendek. Sebaliknya ketika otot berelaksasi, zona H dan pita I memanjang sehingga sarkomer juga memanjang sedangkan zona A tetap.

17. Perhatikan mekanisme pembekuan darah berikut!


Proses pengubahan protrombin menjadi membutuhkan senyawa (x) dan (y). Senyawa (x) dan (y) adalah...
A. antihermofilia dan ion kalsium
B. antihemofilia dan vitamin K
C. keping darah dan zat besi
D. vitamin K dan ion kalsium
E. antihemofilia dan benang fibrin

PEMBAHASAN : D
Lihat gambar berikut :

18. Seorang ibu memeluk anaknya yang sedang terbangun dari mimpi buruk sehingga anak merasa lebih tenang. Ketika merasa lebih baik dan tenang. Pada anak tersebut ada zat kimia yang dilepaskan diotaknya, yaitu oksitosis dan serotonin yang membuat seseorang merasa bahagia.

Dari teks tersebut, yang dapat dapat menjelaskan mekanisme tentang sistem saraf hormon adalah...
A. oksitosin dilepas - implus dihantar ke otak - suasana hati lebih baik - rasa bahagia
B. neurit sensorik mengantarkan impuls ke otak - otak melepas oksitosis - timbul rasa bahagia
C. dendrit sensorik mengantar impuls ke saraf otak - otak melepas oksitosis - timbul rasa bahagia
D. otak melepas oksitosis - dendrit motorik mengantarkan impuls ke saraf otak - timbul rasa bahagia
E. dendrit motorik mengantar impuls ke saraf otak - otak melepas oksitosin - timbul rasa bahagia

PEMBAHASAN : B
Neurit sensorik mengantarkan impuls ke otak - otak melepas oksitosis - timbul rasa bahagia

19. Membran yang membatasi sendi seorang pasien memerah dan kartilagonya rusak. Keadaan ini akan membentuk jaringan luka yang mengeras menjadi tulang sehingga menyebabkan sendi tidak dapat bergerak dan sakit luar biasa.

Berdasarkan data, dokter menyatakan pasien tersebut mengalami...
A. ankilosis
B. osteoarthritis
C. rheumatoid arthitis
D. dislokasi
E. poliomyelitis

PEMBAHASAN : C
  • Ankilosis
    Ankilosis atau ankylosis (bahasa Inggris) merupakan gangguan pada sendi yang menyebabkan sendi menjadi kaku atau bahkan tulang-tulang saling melekat satu sama lainnya. Jika terserang ankilosis, maka tungkai dan lengan akan sulit digerakkan pada mulanya dan kemudian tidak dapat digerakkan sama sekali saat ankilosis bertambah parah.Ankilosis disebabkan oleh radang pada jaringan ikat di sekitar sendi atau penumpukan asam urat. Ankilosis paling sering menyerang lutut, namun juga dapat menyerang pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan leher. [wikipedia]
  • Osteoarthritis
    Osteoartritis (OA, dikenal juga sebagai artritis degeneratif, penyakit degeneratif sendi) adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. [wikipedia]
  • C. rheumatoid arthitis
    Reumatoid artritis merupakan peradangan yang terjadi pada membran sendi. Pada penyakit ini, membran sinovial yang membatasi sendi menjadi memerah dan kartilago pada sendi menjadi rusak. Setelah itu, terbentuklah jaringan luka yang akan mengeras menjadi tulang.[utakatikotak]

    Radang sendi atau artritis reumatoid (bahasa Inggris: Rheumatoid Arthritis, RA) merupakan penyakit autoimun (penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri) yang mengakibatkan peradangan dalam waktu lama pada sendi. Penyakit ini menyerang persendian, biasanya mengenai banyak sendi, yang ditandai dengan radang pada membran sinovial dan struktur-struktur sendi serta atrofi otot dan penipisan tulang. Umumnya penyakit ini menyerang pada sendi-sendi bagian jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan kaki. Pada penderita stadium lanjut akan membuat si penderita tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan kualitas hidupnya menurun. Gejala yang lain yaitu berupa demam, nafsu makan menurun, berat badan menurun, lemah dan kurang darah. Namun kadang kala si penderita tidak merasakan gejalanya. Diperkirakan kasus RA diderita pada usia di atas 18 tahun dan berkisar 0,1% sampai dengan 0,3% dari jumlah penduduk Indonesia. [wikipedia]
  • Dislokasi
    Dislokasi persendian adalah suatu kondisi di mana posisi tulang pada tubuh tidak berada tempat yang tepat.
  • Poliomyelitis
    Poliomielitis atau polio adalah penyakit menular yang disebabkan oleh poliovirus. Di sekitar 0,5% dari kasus polio terdapat kelemahan otot yang mengakibatkan kelumpuhan. Hal ini dapat terjadi selama beberapa jam sampai beberapa hari. Kelemahan paling sering terjadi pada kaki tetapi kadang-kadang terjadi pada otot-otot kepala, leher dan diafragma. Banyak tapi tidak semua orang sepenuhnya pulih. Pada penderita polio dengan kelemahan otot sekitar 2% sampai 5% dari anak-anak dan 15% sampai 30% dari orang dewasa mati. 25% lainnya mengalami gejala ringan seperti demam dan sakit tenggorokan dan hingga 5% mengalami sakit kepala, leher kaku dan nyeri di lengan dan kaki. Orang-orang ini biasanya kembali normal dalam waktu satu atau dua minggu. Dalam hingga 70% dari infeksi tidak terjadi gejala. Beberapa tahun setelah sembuh sindrom pasca-poliodapat terjadi, dengan perkembangan kelemahan otot yang lambat, sama dengan yang dialami selama infeksi awal. [wikipedia]
20. Seorang ibu mengalami beberapa gejala penyakit, diantaranya mudah haus, mudah lelah, dan mudah mengantuk. Untuk memastikan penyakit yang dideritanya, ibu tersebut melakukan pemeriksaan. Berdasarkan hasil pemeriksaan diperoleh hasil bahwa terjadi kerusakan pada pankreas sehingga jumlah insulin yang diproduksi rendah dan kadar gula darah 400 mmHg.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dapat diketahui bahwa ibu tersebut menderita...
A. leukimia
B. anemia
C. diabetes inspiditus
D. diabetes mellitus
E. morbus basedow

PEMBAHASAN : D
  • Leukimia
    Leukemia; dalam bahasa Yunani leukos λευκός, "putih"; aima αίμα, "darah"), atau lebih dikenal sebagai kanker darah merupakan penyakit dalam klasifikasi kanker (istilah medis: neoplasma) pada darah atau sumsum tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit (sel darah putih).
  • Anemia
    Anemia (dalam bahasa Yunani: ἀναιμία anaimia, artinya kekurangan darah, from ἀν- an-, "tidak ada" + αἷμα haima, "darah" ) adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari jantung yang diperoleh dari paru-paru, dan kemudian mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.
  • Diabetes inspiditus
    Diabetes insipidus, DI adalah suatu penyakit dengan simtoma poliuria dan polidipsia. Jenis DI yang paling sering dijumpai adalah DI sentral, yang disebabkan oleh defisiensi arginina pada hormon AVP. Jenis kedua adalah DI nefrogenis yang disebabkan oleh kurang pekanya ginjal terhadap hormon dengan sifat anti-diuretik, seperti AVP.
  • diabetes mellitus
    Diabetes melitus, DM (bahasa Yunani: διαβαίνειν, diabaínein, tembus atau pancuran air) (bahasa Latin: mellitus, rasa manis) yang juga dikenal di Indonesia dengan istilah penyakit kencing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin (Insulin resistance), dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sebagai akibat dari: defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin, atau keduanya. defisiensi transporter glukosa. atau keduanya.
  • morbus basedow
    Penyakit Basedow atau penyakit graves adalah kondisi medis yang ditandai dengan kadar hormon tiroid yang berlebihan akibat produksi berlebihan oleh kelenjar tiroid.Kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin yang terletak di bawah pita suara yang berperan dalam menghasilkan hormon seperti tiroid.[1] Pasien menunjukkan kelenjar tiroid yang membesar merata atau menyeluruh.[2] Kelenjar tetap teraba lunak, tidak keras seperti benjolan tiroid yang lainnya.
Pembahasan soal selanjutnya ⟹ 21 - 25

Baca Juga :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar