TIDUR SIANG BIAR LEBIH PINTAR, BENARKAH ?

Sebagian dari kita masih ingat betul, waktu kecil sering bandel jika disuruh orang tua tidur siang, eh sekarang giliran kita sudah dewasa harus bisa memanfaatkan waktu dengan baik agar dapat tidur siang. Dengan tidur beberapa menit sudah cukup sangat membantu kita agar dapat berpikir lebih fresh, tapi yang sangat disayangkan, tidak semua orang dapat tidur dengan mudah, terlebih jika harus memaksakan tidur di sekolah, hehehe. Nah, makanya bagi kita yang diberi anugerah kemampuan dapat cepat terlelap, beruntung banget tuh dapat tidur dimana saja dan kapan saja.

Penelitian baru yang dikutip dari kompas, selain dapat membuat kondisi fisik tubuh bugar agar lebih fresh setelah setengah hari menjalankan rutinitas kejaan, ternyata dengan tidur siang juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak dan konsentrasi lo ! Dari penelitian tersebut durasi tidur siang kurang dari 30 menit sudah cukup dapat membantu menyehatkan otak kita bahkan juga dapat menghindari stress jika dilakukan secara berkesinambungan dan teratur. Yah memang direkomendasikan.

Dan sebagai informasi tambahan lagi nih, jika manfaat tidur siang sangat bagus bagi kesehatan, maka sebaliknya jika dalam kondisi ngantuk tapi mata tetap dipaksakan untuk melek (seperti kebiasaan begadang), akan dapat menimbulkan efek negatif yaitu mengurangi kinerja otak kita ketika diajak berpikir.

Secara lebih exact-nya dari penelitian yang dipimpin oleh Matthew Walker di UC Berkely tersebut, jika kita sering melakukan kebiasaan begadang, menurut kalkulasi riset diperkirakan dapat mengurangi kemampuan otak untuk menerima informasi yang baru hingga mencapai angka 40 persen. Hal ini disebabkan karena sewaktu otak kehilangan waktu yang seharusnya istirahat maka akan memicu penutupan bagian-bagian otak itu sendiri. (wah kapok deh begadang, hihihiks)

Penelitian ini ternyata sudah memang terbukti loh, karena banyak pemimpin-pemimpin dunia yang notabene terkenal dengan kepintarannya selalu berusaha untuk meluangkan waktunya untuk tidur siang dan bangun pagi. Seperti mantan perdana menteri inggris Margaret Thacher yang memiliki kebiasaan tidur siang beberapa menit. Mantan presiden RI Habibie juga memiliki kebiasaan tidur siang, hal yang sama juga dilakukan oleh Bill Clinton.

Nah, bagaimana dengan kita ? Usahain deh mulai sekarang untuk setidaknya tidur siang beberapa menit jika memungkinkan.

Subscribe this Blog:

Belum ada Komentar untuk "TIDUR SIANG BIAR LEBIH PINTAR, BENARKAH ?"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Centang "Beri tahu saya" untuk mendapatkan pemberitahuan balasan komentar anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel