BERIKUT 10 BAHAN KIMIA YANG SERING DIGUNAKAN DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Tidak bisa dipungkiri, bahan kimia sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang bisa digunakan untuk meringankan pekerjaan sehari-hari. Berikut beberapa contoh bahan kimia yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari :

1. Sabun

Zat kimia utama pembentuk sabun adalah minyak kelapa atau minyak sawit, lemak hewan, dan natrium hidroksida (NaOH). Sabun digunakan untuk mencuci dan mandi

2. Pasta gigi

Zat kimia utama pembentuk pasta gigi adalah potasium hidroksida atau kalium hidroksida (KOH), natrium karbonat untuk pengawet, gliserin untuk menggantikan minyak kelapa, dan tepung talk untuk membuat bentuk padat. Pasta gigi bermanfaat untuk membersihkan gigi kita.

3. Pembersih lantai

Zat kimia utama pembentuk pembersih lantai adalah bahan yang bersifat disinfektan yang artinya membasmi hama, karbol, isopropanol, kresol, dan formaldehid, juga sabun, pewangi dan pewarna. Pembersih lantai bermanfaat untuk membersihkan lantai dari debu atau kotoran lainnya dan membunuh kuman penyakit pada lantai.

4. Shampo

Bahan pembuatan shampoo adalah bahan untuk membuat sabun mandi ditambah dengan bahan - bahan alami seperti urang aring untuk menghitamkan rambut, lidah buaya untuk menyuburkan rambut juga sari jeruk untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit kepala. Shampoo bermanfaat untuk membersihkan rambut dari ketombe, gatal, rontok, dan sebagainya.

5. Bahan pemutih pakaian

Bahan pembuatan pemutih pakaian adalah senyawa klorin yang mampu mengoksidasi zat warna yang melekat pada pakaian hingga pakaian menjadi putih. Bahan pemutih pakaian bermanfaat untuk membersihkan pakaian dari noda-noda khususnya untuk pakaian berwarna putih / cerah.

5. Bahan Pewarna Buatan

Bahan pembuatan cairan pewangi adalah hasil pencampuran berbagai macam pewarna jenis tertentu seperti amarant (merah) , tartrazine (kuning) , erythrosine (merah) , fast green FCF (hijau) , sunset yellow (kuning), dan brilliant blue (biru). Bahan Pewarna Buatan bermanfaat untuk mewarnai makanan agar terlihat menarik dan menarik minat pembeli seperti anak-anak pada khususnya

6. Bahan pewangi

Bahan pembuatan cairan pewangi adalah hasil pencampuran berbagai macam fragrance yang bersifat mudah menguap dengan bau khas tertentu baik dari buah, bunga, dll biasanya dari penyulingan bunga-bungaan. Bahan pewangi bermanfaat untuk membuat wangi pakaian maupun ruangan.

7. Pembasmi serangga

Bahan pembasmi serangga adalah Insektisida yang dapat berwujud cair, pasta, atau padat dengan bahan utama nya yang banyak digunakan adalah Dichloro Diphenyl Trichloroethana atau DDT untuk membasmi nyamuk. Pembasmi serangga bermanfaat untuk membunuh serangga yang mengganggu di kamar, pekarangan, dan sebagainya.

8. Zat aditif pada bahan makanan

Bahan zat aditif pada bahan makanan salah satunya zat aditif yang berasal dari sumber alami seperti lesitin dan asam sitrat. Zat aditif tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kualitas makanan, menambahkan kelezatan, dan mengawetkan makanan.

9. Bahan Penyedap Buatan

Bahan pembuat penyedap buatan salah satunya monosodium glutamate (MSG) atau lebih populer dengan nama vetsin. Bahan Penyedap Buatan bermanfaat untuk memperenak rasa makanan, meningkatkan nafsu makan pada anak karena rasanya enak, meningkatkan daya beli konsumen di restoran, dll

10. Bahan Pengawet Buatan

Bahan pembuat pengawet buatan salah satunya Kalsium Benzoat , Sulfur Dioksida (SO2), Kalium Nitrit, Kalsium Propionat/Natrium Propionat , Asam Sorbat, Natrium Metasulfat. Bahan Pengawet Buatan bermanfaat untuk menghambat fermentasi, pengasaman atau kerusakan makanan yang disebabkan oleh mikroorganisme.

Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.

Subscribe this Blog:

Belum ada Komentar untuk "BERIKUT 10 BAHAN KIMIA YANG SERING DIGUNAKAN DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Centang "Beri tahu saya" untuk mendapatkan pemberitahuan balasan komentar anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel