Cara Cepat Menentukan Bentuk Molekul Tanpa Menggambarkan Struktur / Ikatannya


Hello sahabat semua, salam jumpa kembali... Mohon maaf karena setelah sekian lama blog ini tidak update, baru kali ini admin berkesempatan untuk mengupdate artikel di blog ini.

Ok, langsung saja, tanpa berpanjang lebar. Pada artikel kali ini sesuai dengan judulnya kita akan membahas trik super kilat atau cara cepat menentukan bentuk molekul tanpa harus menggambarkan struktur ikatannya.

Nah, bagaimana caranya ? Untuk trik atau cara ini ada beberapa catatan yang perlu kita perhatikan dan juga perlu di ingat. Apa itu ? Berikut :
Jumlahkan semua elektron valensi atom dalam molekul kemudian bagi 8, hasilnya ini menunjukkan jumlah Pasangan Elektron Bebas atau (PEI) (biasa dilambangkan dengan X). Jika terdapat sisa bagilah dengan 2, hasilnya ini menunjukkan Pasangan Elketron Bebas (PEB) (biasa dilambangkan dengan Y).

Catatan : Khusus molekul yang terdapat atom H maka elektron valensi atom H dianggap = 7.
Sebagai contoh : H2O
Ingat elektron valensi H dianggap = 7 sedangkan untuk atom lain sesuai dengan golongan pada tabel sistem periodik unsur.
(7 × 2) + 6 = 14 + 6 = 20 : 8 = 2 → PEI = 2 pasang elektron
Sisa 4 : 2 = 2 → PEB = 2 pasang elektron
Maka notasi VSEPR-nya → AX2E2 → Bentuk molekul seperti huruf V

Ok, penjelasan selengkapnya dan beberapa contoh lain terkait trik atau cara ini bisa disimak pada video singkat berikut :

Subscribe this Blog:

Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat Menentukan Bentuk Molekul Tanpa Menggambarkan Struktur / Ikatannya"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Centang "Beri tahu saya" untuk mendapatkan pemberitahuan balasan komentar anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel