Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Generasi Susah Fokus Berikut Penyebab dan Tips Mengatasinya

Generasi Susah Fokus Berikut Penyebab dan Tips Mengatasinya

Seberapa sering kita merasa susah mengerjakan sesuatu dengan cepat ? Kenapa tugas kita lama sekali dikerjakan ? Kenapa skripsi kita nggak beres-beres ? Anda pernah merasakan ini ? Mungkin saja kita terjangkit “penyakit” susah fokus. Di artikel kali ini kita akan membahas sebuah fenomena mengerikan yang terjadi di generasi millenials yaitu fenomena susah fokus beserta tips-tips untuk mengatasinya.

Sebenarnya penyakit ini bukan penyakit biologis yang diakibatkan tidak berfungsinya otak dengan baik dsb, tapi lebih disebabkan karena sebuah habbit yang dinamakan “Smartphone Addiction” atau bisa disebut juga Smartphone Syndrome. Ya! Ini lah ternyata sumber dari ketidak fokusan generasi millenials yang sudah sangat erat dengan smartphone nya.

Apakah anda pernah menghitung berapa kali anda mengecek HP anda dalam sehari? Sebuah penelitian mengatakan rata-rata orang di seluruh dunia mengecek HP nya sampai 80-100 kali dalam sehari. What a number ?! Ini lah yang kemudian menjadikan kita sangat mudah terdistraksi, pikiran kita mudah loncat-loncat, dan pastinya susah untuk fokus mengerjakan sesuatu.

Saat anda terlalu sering klik ini klik itu di smartphone anda, maka kemampuan untuk fokus dan “Deep Thinking” itu perlahan mati digantikan dengan “pola pikir yang serba melompat dan dangkal”.

Karenanya, sering terjadi ketika kita sedang mengerjakan tugas misalnya tiba-tiba terpikir mau pesan Go-Food, 5 menit kemudian tiba-tiba inget mau nonton video Youtube baru nya Dg Tiro, 5 menit kemudian tiba-tiba kepikiran mau ngepo-in Insta story nya dia, dan seterusnya dan seterusnya. Akhirnya anda benar-benar susah fokus dan tugas anda tidak selesai.

Selain menyebabkan susah fokus, Smartphone Syndrome juga sudah membuat kita terjerumus dalam “shallow work” atau : aktifitas dangkal yang menghabiskan waktu, namun ternyata sama sekali tidak berdampak pada peningkatan skills, nasib dan income kita. Mengerikan bukan? Selain merenggut daya fokus, ternyata syndrome ini bisa-bisa merenggut income juga.

Lalu apa solusi nya ? Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan referensi :

  1. Smartphone detox. Tetapkan jam di mana HP harus OFF
  2. Keluar dari group-group WA yang tidak produktif dan hanya buang-buang waktu
  3. Beli buku bagus, dan lebih banyak luangkan waktu untuk baca
  4. Ganti waktu scroll-scroll HP dengan aktifitas olahraga fisik

Tips lainnya agar smarphone menjadi lebih produktif :

  1. 1. Kurangi waktu scroll-scroll IG dan medsos lainnya
  2. Ubah waktu main HP jadi waktu buat belajar internet marketing, online busines, atau blogging
  3. Fokus baca konten online yang berdampak pada skill anda
  4. Kurangi baca gosip-gosip di media online

Kesimpulan :

Itulah mengapa generasi millenials dikenal “Generasi Susah Fokus”. Untuk kembali fokus, yang anda butuhkan bukan lah air mineral A*UA (Itu hanya branding saja dan tidak ada pengaruhnya dengan tingkat ke-fokusan anda). Yang anda butuhkan adalah kurangi distraksi-distraksi yang berbahaya di atas. Jangan sampai kita juga adalah salah satu korbannya yang termehek-mehek dalam aktivitas non produktif, saat smartphone selalu ada dalam genggaman. Mudah-mudahan tips-tips diatas bisa membantu untuk kembali fokus dan produktif! Salam Gen Millenials!

Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Generasi Susah Fokus Berikut Penyebab dan Tips Mengatasinya"