Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

100% Ampuh Tips Mengubah Anak Nakal Menjadi Baik Menuju Generasi Emas

100% Ampuh Tips Mengubah Anak Nakal Menjadi Baik Menuju Generasi Emas

100% Ampuh Tips Mengubah Anak Nakal Menjadi Baik Menuju Generasi Emas | Seorang anak mempunyai dunianya sendiri, terlebih dalam cara merespon sesuatu yang tidak diinginkan. Terkadang respon berlebihan seorang anak dipandang orangtua atau pendidik melampaui batas kewajaran, sehingga muncul sebutan baru sebagai anak nakal.

Kita semua sadar bahwa penyebab anak menjadi penurut atau nakal sedikit banyak dipengaruhi oleh orang tua dalam menerapkan pola asuh kepada anak. Untuk itu pola asuh dalam mendidik akan mempengaruhi karakter mereka.

Sebagaimana disampaikan dalam satu hadist, Dari Abdullah bin ’Amru radhiallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

رِضَى الرَّبِّ فِي رِضَى الوَالِدِ، وَسَخَطُ الرَّبِّ فِي سَخَطِ الْوَالِدِ

"Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua” (Hasan. at-Tirmidzi : 1899, HR. al-Hakim : 7249, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabiir : 14368, al-Bazzar : 2394)

Artinya setiap anak yang baik, pasti membuat ridho orangtuanya, hal ini akan membuat Allah Ridho juga.

Tapi setiap anak nakal, pasti membuat orangtuanya murka, dan itu akan membuat Allah murka juga.

Dari sini bisa kita simpulkan 2 siklus anak yaitu :

Siklus Anak Baik ( siklus 1)

Anak Baik ⇒ orangtua Ridho ⇒ Allah Ridho ⇒ Keluarga berkah ⇒ bahagia ⇒ anak makin baik.

Siklus Anak nakal ( siklus 2)

Anak Nakal ⇒ orangtua murka ⇒ Allah Murka ⇒ keluarga tidak berkah ⇒ tidak bahagia ⇒ anak makin nakal

Kalau tidak ada yang memutus siklus tersebut, maka akan terjadi pola anak baik akan semakin baik, anak nakal akan semakin nakal.

Bagaimana cara mengubah atau memutus siklus Anak Nakal? ternyata kuncinya bukan pada anak melainkan pada ORANGTUANYA.

Anak Nakal ⇒ ORANGTUA RIDHO ⇒ Allah Ridho ⇒ keluarga berkah ⇒ bahagia ⇒ anak jadi baik.

Berat? iya, maka nilai kemuliaannya sangat tinggi. Bagaimana caranya kita sebagai orangtua/guru bisa ridho ketika anak kita nakal?

Prinsip inti siklusnya sebenarnya masih pada orang tua yaitu:

  • Ridho Allah berada pada ridhonya orang tua.
  • Murka Allah berada pada murkanya orang tua.

Dan berikut kunci agar orangtua/guru bisa ridho ketika anak kita nakal :

إِنْ تَعْفُوا وَتَصْفَحُوا وَتَغْفِرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Bila kalian memaafkannya...menemuinya dan melupakan kesalahannya...maka ketahuilah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS 64:14).

Berdasarkan prinsip siklus di atas maka strategi paling efisien untuk memutus rangkaian siklus Anak Nakal tersebut Insya Allah ada pada bagian awal, yakni mencegah orang tua murka. Bila orang tua segera menghadapi anaknya dengan kasih sayang, merangkulnya dengan sepenuh hati, melupakan kesalahannya dan tidak dengan kemurkaan, maka orang tua itu menunjukkan kepada Allah bahwa mereka berdua ridho kepada anaknya. Tentu bukan ridho terhadap kenakalannya melainkan ridho kepada diri anaknya.

Kemudian sebagai pengingat selanjutnya, Umar bin Khattab pernah berpesan :

Jika kalian melihat anakmu/anak didik mu berbuat baik, maka puji dan catatlah, apabila anakmu/anak didikmu berbuat buruk, tegur dan jangan pernah engkau mencatatnya.

Dan berikut do'a paling mujarab berdasarkan berbagai referensi dari orang tua untuk anaknya :

*اَللّٰهُمُّ اِنِّی اُشْهِدُكَ اَنِّی رَاضِيَۃٌ عَنْ اِبْنِ/اِبْنَتِی....تَمَامَ الرِّضَی وَكَمَالَ الرِّضَی وَمُنْتَهَی الرِّضَی فَاللّٰهُمَّ اَنْزِلْ رِضْوَانَكَ عَلَيْهِمْ بِرِضَائِى عَنْهُمْ*

Artinya : "Ya Allah, aku bersaksi bahwa aku ridho kepada anakku (dg menyebutkan nama anak) dg ridho yang paripurna, ridho yg sempurna dan ridho yg paling komplit. Maka turunkanlah ya Allah keridhoan-Mu kepadanya demi ridhoku kepadanya."

Kita sebagai orang tua tugasnya untuk membina buah hatinya sejak dini, jika terlambat jangan putus asa teruslah untuk berusha meridhoi buah hatinya dalam berbagai hal kebaikan, tegurlah ketika anak mulai berbuat kesalahan, pujilah ketika anak berbuat kebaikan karna disitu anak akan merasa dirinya diperhatikan oleh orang tuanya.

Tidak ada anak nakal, yang ada hanyalah anak belum tau.

Tidak ada anak nakal, yang ada hanyalah orang tua yang tak sabar.

Tak ada anak nakal, yang ada hanyalah pendidik yang terburu-buru melihat hasil

Semoga bermanfa'at

Barakallahu fiikum...

silahkan share jika bermanfaat...

Tulisan ini ditulis oleh ibu septi peni wulandani founder institut ibu profesional, di ReEdit oleh Heriyanto Dg Tiro.

Tulisan ini sengaja di post di blog sederhana ini mengingat karakter anak yang semakin / begitu merosot di era digital yang semakin maju ini. Dan tak lepas dari cita-cita kita bersama membentuk generasi emas untuk 100 tahun Indonesia merdeka di tahun 2045.

Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "100% Ampuh Tips Mengubah Anak Nakal Menjadi Baik Menuju Generasi Emas"