[Lengkap] File Silabus MTK / Matematika K13 Revisi Terbaru Semua Jenjang / Kelas

[Lengkap] File Silabus MTK / Matematika K13 Revisi Terbaru Semua Jenjang / Kelas

[Lengkap] File Silabus MTK / Matematika K13 Revisi Terbaru Semua Jenjang / Kelas | Hai sahabat ePanrita, Bagaimana kabar kalian semua ? Semoga kita semua masih tetap sehat dan selalu dalam lindungan yang maha kuasa... Amiiinnn.

Ok sahabat ePanrita, seperti biasanya sesuai judul untuk tulisan kali ini [Lengkap] File Silabus MTK / Matematika K13 Revisi Terbaru Semua Jenjang / Kelas, izinkan admin berbagi file silabus dan khusus untuk tulisan kali ini admin akan membagikan file silabus MTK / Matematika untuk semua jenjang / kelas.

Sesuai dengan pengertiannya "Pengertian Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. (Kunandar, 2011: 244)".

Silabus Matematika Kurikulum 2013 Revisi terbaru ini merupakan acuan bagi guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran agar siswa memiliki kecakapan atau kemahiran matematika sebagai bagian dari kecakapan hidup yang harus dimiliki siswa yang mencakup kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan, terutama dalam pengembangan penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving) yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan proses pembelajaran secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.

Silabus Matematika Kurikulum 2013 Revisi terbaru ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Dari beberapa uraian di atas pendidikan matematika di sekolah diharapkan memberikan kontribusi dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah melalui pengalaman belajar, agar mampu :

  • Memahami konsep dan menerapkan prosedur matematika dalam kehidupan sehari- hari;
  • Melakukan operasi matematika untuk penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada;
  • Melakukan penalaran matematis yang meliputi membuat generalisasi berdasarkan pola, fakta, fenomena atau data yang ada, membuat dugaan dan memverifikasinya;
  • Memecahkan masalah dan mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah;
  • Menumbuhkan sikap positif seperti sikap logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.

Pengembangan kompetensi matematika diarahkan untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving). Selain itu, pengembangan kompetensi matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan menggunakan perangkat teknologi untuk melakukan perhitungan teknis (komputasi) dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting untuk mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat nonkognitif serta pengembangan nilai, norma dan etika (soft skill).

Ok sahabat ePanrita, mungkin pengantar untuk tulisan kali ini sedikit panjang semoga bisa kita pahami bersama. Langsung saja sesuai judul untuk tulisan kali ini [Lengkap] File Silabus MTK / Matematika K13 Revisi Terbaru Semua Jenjang / Kelas, berikut list Silabus MTK / Matematika semua jenjang / kelas yang bisa sahabat pilih dan download langsung via google drive.


Silabus Matematika SD


Silabus Tematik Kelas 1
Silabus Tematik Kelas 2
Silabus Matematika Kelas 3
Silabus Matematika Kelas 4
Silabus Matematika Kelas 5
Silabus Matematika Kelas 6

Silabus Matematika SMP


Silabus Matematika Kelas 7
Silabus Matematika Kelas 8
Silabus Matematika Kelas 9

Silabus Matematika SMA (Wajib)


Silabus Matematika Kelas 10
Silabus Matematika Kelas 11
Silabus Matematika Kelas 12

Silabus Matematika SMA (Peminatan)


Silabus Matematika Kelas 10
Silabus Matematika Kelas 11
Silabus Matematika Kelas 12

Silabus Matematika SMK


Silabus Matematika Kelas 10
Silabus Matematika Kelas 11
Silabus Matematika Kelas 12

Ok, sahabat semua, sahabat ePanrita telah membaca [Lengkap] File Silabus MTK / Matematika K13 Revisi Terbaru Semua Jenjang / Kelas. Silahkan di download filenya untuk sahabat yang membutuhkan, dan semoga bermanfaat.

Postingan ini juga boleh di share ke teman-teman atau rekan-rekan yang juga membutuhkan filenya. Dan jika ada yang menginginkan file serupa atau file silabus lainnya begitu juga dengan perangkat pembelajaran lainnya silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah file perangkat pembelajaran yang di inginkan, inshaALLAH file yang sahabat ePanrita butuhkan akan admin share lewat blog ini.

Catatan : Jika ada LINK yang bermasalah silahkan dikonfirmasikan lewat kolom komentar di bawah.

Temukan kami juga di Youtube

Tulisan / postingan ini juga bisa ditemukan dengan kata kunci berikut :

  • silabus matematika
  • silabus matematika kelas 5
  • silabus matematika kelas 4
  • silabus matematika kelas 7
  • silabus matematika kelas 8
  • silabus matematika kelas 6
  • silabus matematika kelas 6 semester 2
  • silabus matematika kelas 9
  • silabus matematika kelas 8 semester 2
  • silabus matematika kelas tinggi (iv v dan vi) sd semester 2
  • silabus matematika its
Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "[Lengkap] File Silabus MTK / Matematika K13 Revisi Terbaru Semua Jenjang / Kelas"