Percobaan Tabung Sinar Katode J.J. Thomson

Percobaan Tabung Sinar Katode J.J. Thomson

Percobaan tabung sinar katoda pertama kali dilakukan William Crookes sekitar tahun 1875. Tabung sinar katode yang digunakan dalam percobaan tersebut merupakan tabung kaca yang sebagian besar udaranya sudah disedot keluar, disertai dua lempeng logam bermuatan positif (katoda) dan bermuatan negatif (anoda), yang kemudian dihubungkan dengan sumber tegangan tinggi. Berikut gambar tabung sinar katoda yang digunakan dalam penelitian :

Percobaan Tabung Sinar Katode J.J. Thomson

Dalam eksperimennya tersebut, Crookes mengamati seberkas sinar yang muncul dari arah katoda menuju anoda dan kemudian seberkas sinar tersebut diberi nama sinar katoda. Kemudian tahun 1891 George J. Stoney memberi nama lain sinar katoda sebagai elektron.

Setelah percobaan atau eksperimen William Crookes dengan tabung sinar katode temuannya, J.J. Thomson (1897) melanjutkan eksperimen W. Crookes tersebut dengan mengamati pengaruh medan listrik dan medan magnet dalam tabung sinar katoda. Dalam percobaan yang dilakukan J.J. Thomson tersebut digunakan plat logam elektroda negatif (katoda) dan elektroda positif (anoda) yang dihubungkan dengan sumber listrik tegangan tinggi. Skema eksperimen dapat dilihat pada gambar di atas.

Percobaan yang dilakukan oleh J.J. Thomson ini mencatat beberapa hal penting dan menunjukkan bahwa sinar katoda merupakan radiasi partikel yang bermuatan listrik negatif, yakni :

  • Sinar katoda merambat lurus dari permukaan katoda menuju anoda.
  • Sinar katoda dapat memutar kincir yang terdapat di dalam tabung percobaan (menunjukkan adanya sifat partikel yang bergerak).
  • Sinar katoda kemudian membelok ke kutub listrik positif

Selain beberapa hal penting tersebut J.J. Thomson juga membuktikan bahwa partikel sinar katoda TIDAK bergantung kepada jenis elektroda maupun jenis gas dalam tabung. Yang berarti semua materi mengandung partikel seperti partikel sinar katoda.

Sebagai kesimpulan dari percobaan yang dilakukan J.J.Thomson membuktikan bahwa ada partikel bermuatan negatif dalam suatu atom karena fakta yang mendukung adalah sinar tersebut dapat dibelokkan oleh medan listrik menuju kutub positif. Sinar tersebut kemudian dinamai elektron yang merupakan partikel dasar penyusun atom.

Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Percobaan Tabung Sinar Katode J.J. Thomson"