Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Materi Konsep Mol, Struktur Atom, Laju Reaksi, Elektrokimia + Soal & Pembahasan

Karakteristik Materi Konsep Mol, Struktur Atom, Laju Reaksi, Elektrokimia + Soal & Pembahasan

Tujuan Pembelajaran :

Dengan mencermati karakteristik materi konsep mol, struktur atom, laju reaksi, elektrokimia, peserta dapat memilih strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik materi pembelajaran kimia pada materi tersebut.

Uraian Materi :

KARAKTERISTIK MATERI KIMIA

Secara umum materi kimia memiliki tiga karakteristik, yaitu materi kimia yang (1) bersifat teoretis, (2) hitungan, dan (3) termasuk dalam kimia organik. Kimia organik dikategorikan tersendiri, karena keunikan dari materi yang dipelajari dalam kimia organik yang tidak sekedar teoretis dan hitungan.

Beberapa metode pembelajaran dapat digunakan dengan menyesuaikan karakteristik materi kimia yang akan disampaikan, seperti metode ceramah, demonstrasi, eksperimen, diskusi, tanya jawab, bermain peran (sosiodrama), simulasi, dan permainan. Prinsipnya, metode yang dipilih harus mempermudah siswa memahami dan menyerap materi ajar dan mempermudah guru menyajikan bahan ajar tersebut. Masing-masing metode mempunyai ciri, keunggulan-keunggulan, dan kelemahan-kelemahan.

Soal dan Pembahasan :

Soal + Pembahasan No. 1

Setelah melakukan ulangan materi struktur atom, Pak Agus mengetahui hasilnya kurang memuaskan. Dengan memperhatikan karakter materi struktur atom yang banyak mengandung konsep yang abstrak, maka Pak Agus menetapkan untuk menerapkan metode ...

A. Tanya jawab

B. Kooperatif

C. Diskusi

D. Demonstrasi

E. Penugasan


Pembahasan :

Demonstrasi dengan menghadirkan benda asli/model berguna dalam membantu mengkonkritkan konsep yang abstrak.

JAWABAN : D


Soal + Pembahasan No. 2

Seorang guru kimia ketika mengajarkan ikatan kimia, akan menganalogikan ikatan ionik, kovalen, dan koordinasi dengan persahabatan dua orang siswa. Metode yang cocok adalah ...

A. Ceramah

B. Demonstrasi

C. Eksperimen

D. Diskusi

E. Bermain peran


Pembahasan :

Metode yang cocok adalah bermain peran, misalnya ikatan ionik digambarkan dengan siswa A membelikan bakso siswa B. Ikatan kovalen digambarkan dengan siswa A dan B iuran membeli satu mangkok bakso dan dimakan bersama. Ikatan kovalen koordinasi digambarkan siswa A membeli satu mangkok bakso dan dimakan bersama sama dengan siswa B.

JAWABAN : E


Soal + Pembahasan No. 3

Metode yang tepat untuk mengklasifikasikan larutan ke dalam elektrolit kuat, lemah, dan non elektrolit adalah ...

A. Ceramah

B. Permainan

C. Eksperimen

D. Diskusi

E. Bermain peran


Pembahasan :

Dengan melakukan eksperimen/percobaan menggunakan alat uji elektrolit, siswa secara mudah mengklasifikasikan larutan elektrolit kuat, lemah, dan non elektrolit berdasarkan pengamatan hasil uji pada alat uji tersebut.

JAWABAN : C


Sumber Gambar :

Icons made by Flat Icons from www.flaticon.com
Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Karakteristik Materi Konsep Mol, Struktur Atom, Laju Reaksi, Elektrokimia + Soal & Pembahasan"