Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengembangan Tes Kinerja dan Mendalami Materi Titrasi Asam Basa, Larutan Elektrolit dan / Elektrolit, Uji Kualitatif Senyawa Karbon + Soal & Pembahasan

Pengembangan Tes Kinerja dan Mendalami Materi Titrasi Asam Basa, Larutan Elektrolit dan  Elektrolit, Uji Kualitatif Senyawa Karbon + Soal & Pembahasan

Tujuan Pembelajaran :

Dengan mempelajari tentang cara pengembangan tes kinerja dan mendalami materi titrasi asam basa, larutan elektrolit dan non elektrolit, uji kualitatif senyawa karbon, peserta dapat mengembangkan tes kinerja berdasarkan indikator pembelajaran.

Uraian Materi :

PENILAIAN KINERJA

Penilaian unjuk kerja/kinerja/praktik dilakukan dengan cara mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu. Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu seperti: praktikum di laboratorium, praktik ibadah, praktik olahraga, presentasi, bermain peran, memainkan alat musik, bernyanyi, dan membaca puisi/deklamasi.

Penilaian unjuk kerja/kinerja/praktik perlu mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. langkah-langkah kinerja yang perlu dilakukan peserta didik untuk menunjukkan kinerja dari suatu kompetensi;

2. kelengkapan dan ketepatan aspek yang akan dinilai dalam kinerja tersebut;

3. kemampuan-kemampuan khusus yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas;

4. kemampuan yang akan dinilai tidak terlalu banyak, sehingga dapat diamati; dan

5. kemampuan yang akan dinilai selanjutnya diurutkan berdasarkan langkah-langkah pekerjaan yang akan diamati.

Pengamatan unjuk kerja/kinerja/praktik perlu dilakukan dalam berbagai konteks untuk menetapkan tingkat pencapaian kemampuan tertentu. Misalnya untuk menilai kemampuan berbicara yang beragam dilakukan pengamatan terhadap kegiatan-kegiatan, seperti: diskusi dalam kelompok kecil, berpidato, bercerita, dan wawancara. Dengan demikian, gambaran kemampuan peserta didik akan lebih utuh. Contoh untuk menilai unjuk kerja/kinerja/praktik di laboratorium kimia dilakukan pengamatan terhadap penggunaan alat dan bahan praktikum.

Soal dan Pembahasan :

Soal + Pembahasan No. 1

Sebelum praktikum titrasi asam basa, Bu Nani mempersiapkan lembar observasi untuk menilai kinerja peserta didik dalam melakukan praktikum. Di antara keterampilan berikut yang tidak berkaitan dengan ukuran keberhasilan praktikum titrasi asam basa adalah ...

A. Memasang perangkat titrasi

B. Mengisi larutan ke dalam buret

C. Membuka kran seirama goyangan labu

D. Kerjasama melakukan titrasi

E. Ketepatan pengambilan larutan titran


Pembahasan :

A, B, C, dan E merupakan keterampilan dalam praktikum titrasi asam basa, sedangkan kerja sama (option D) merupakan keterampilan sosial atau dapat diklasifikasikan sebagai penilaian ranah afektif (sikap).

JAWABAN : D


Soal + Pembahasan No. 2

Berikut ini termasuk komponen pada penilaian tes kinerja pengenceran larutan, kecuali ...

A. Mengambil larutan awal dengan gelas ukur

B. Memasukkan larutan ke dalam labu ukur

C. Menambahkan air ke dalam labu ukur hingga tanda batas

D. Mengambil larutan awal dengan pipet tetes

E. Membaca miniskus dengan benar


Pembahasan :

Untuk keperluan pengenceran larutan, maka pengambilan larutan awal harus menggunakan alat ukur volum dengan ketelitian tinggi, yaitu pipet volum. Penggunaan gelas ukur tidak tepat, karena pipet ukur memiliki ketelitian yang rendah.

JAWABAN : A


Soal + Pembahasan No. 3

Berikut ini termasuk komponen pada penilaian tes kinerja membuat 100 mL NaCl 1 M dari padatan NaCl, kecuali ...

A. Menimbang NaCl dengan benar

B. Menggunakan gelas kimia untuk pengenceran

C. Menambahkan air ke dalam labu ukur 100 mL hingga tanda batas

D. Membersihkan sisa NaCl dengan botol semprot

E. Membaca miniskus dengan benar


Pembahasan :

Untuk keperluan pembuatan larutan dengan konsentrasi tertentu dan volum tertentu, maka cara yang tepat adalah dengan menggunakan labu ukur sesuai dengan volum yang akan dibuat.

Gelas kimia adalah alat ukur volum yang sangat kasar dan biasanya hanya digunakan sebagai tempat larutan yang tidak untuk keperluan analisis kuantitatif yang sangat memerlukan ketelitian dalam pengukuran.

JAWABAN : B


Sumber Gambar :

Icons made by dDara from www.flaticon.com
Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Pengembangan Tes Kinerja dan Mendalami Materi Titrasi Asam Basa, Larutan Elektrolit dan / Elektrolit, Uji Kualitatif Senyawa Karbon + Soal & Pembahasan"