Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blog Sebagai Media Pembelajaran Daring

Blog Sebagai Media Pembelajaran Daring

Melakukan proses pembelajaran secara daring merupakan salah satu solusi pembelajaran yang bisa kita lakukan dalam situasi Pandemi covid 19 yang mengharuskan kita melaksanakan proses pembelajaran dirumah.

Kata blog berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama kali pada 1998 oleh Jhon Barger. Berger memberi nama weblog untuk mengkhususkan istilah website yang bersifat pribadi dan sering diperbarui dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan hal-hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarknnya pada komunitas global.

Blog sebagai salah satu layanan aplikasi dari internet dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa sebagai sumber belajar yang tidak terbatas. Guru dapat mengunggah semua informasi yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang diajarkan dengan menambahkan multimedia (gambar, animasi, efek suara dan video) agar menarik dan lebih mudah dipelajari. Dilihat dari sisi siswa, siswa dapat mengunduh informasi yang sesuai dengan topik dan tujuan yang diinginkan. Penggunaan blog sebagai media pembelajaran sekaligus sebagai sumber belajar paling tidak akan mengubah cara belajar dan teknik pembelajaran agar tidak monoton sehingga dapat memotivasi siswa dalam mempelajari sesuatu.

Blog merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, karena memiliki beberapa kelebihan yaitu:

  1. Mudah diakses melalui berbagai perangkat
  2. Mudah diakses melalui berbagai perambah/browser
  3. Tidak memerlukan kuota data yang besar

Dengan kelebihan tersebut pembelajaran daring melalui blog sangat tepat untuk diterapkan di sekolah dan di berbagai daerah yang telah memiliki fasilitas internet yang memadai. Pertimbangan lain yang mendukung penerapan Blog sebagai media pembelajaran adalah bagaimana aktifitas siswa yang sebagian besar waktunya dihabiskan dengan bermedia sosial, ini membuktikan bahwa mereka atau di daerah mereka telah memiliki akses atau fasilitas internet yang telah memadai.

Dalam proses pembelajaran daring dengan memanfaatkan Blog sebagai media pembelajaran ini bisa dipadukan dengan metode Problem based learnig (PBL) dan metode yang lain. Blog sebagai media pembelajaran ini juga bisa dikombinasikan dengan google formulir untuk melakukan penilaian dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Peserta didik akan diberikan permasalahan melalui elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD) di blog tesebut melalui link google form yang di sediakan
  2. Peserta Didik akan mengidentifikasi permasalahan yang diberikan dengan cara berdiskusi sesama teman dan guru melalui grup Whatsapp
  3. Peserta Didik akan mecari materi dan informasi dari berbagai sumber termasuk yang telah disediakn di blog tersebut baik berupa artikel materi maupun modul/diktat dengan format pdf yang bisa di unduh oleh siswa melalui link yang telah disediakan di blog tesebut.
  4. Peserta Didik akan menyelesaikan permasalahan melalui Lembar Kerja Peserta Didik elektronik yang telah diberikan dalam bentuk link google formulir.
  5. Setelah Peserta didik menyelesaiakn Lembar kerja peserta didik elektronik yang diselesaikan siswa akan mendapat review dari pekerjaan mereka dari teman dan guru

Demikian proses pembelajaan secara daring melalaui blog. Sebagai pengalaman pribaddi yang telah dan saya lakukan untuk peserta didik kelas X di SMAN 12 Gowa, dan pembelajaran telah berlangsung dengan lancar dan diikuti oleh 85% peserta didik. Dari beberapa survei yang telah dilakukan kepada peserta didik tentang pelaksanaan pembelajaran daring dari rumah, siswa dapat dengan mudah mengikuti proses pembalajaran menggunakan blog. Sampai disini bisa disimpulkan bahwa dengan menggunakan blog merupakan salah satu alternatif yang dapat dilaksanakan untuk pembelajaran daring.

“BERMIMPILAH SETINGGI LANGIT, AGAR JIKA ENGKAU TERJATUH, ENGKAU JATUH DI ANTARA BINTANG” (Soekarno).

Bagaimana tampilan atau preview dari Blog yang saya buat khusus sebagai media pembelajaran daring ? Previewnya bisa sahabat ePanrita akses DI SINI.

Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Blog Sebagai Media Pembelajaran Daring"