Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menentukan Jenis Monomer Dari Suatu Polimer Senyawa Organik + Soal & Pembahasan

Menjelaskan Sifat-Sifat Asam Amino dan Protein + Soal & Pembahasan

Tujuan Pembelajaran :

Dengan mencermati jenis-jenis monomer yang menyusun suatu polimer, peserta dapat menentukan jenis monomer dari suatu polimer senyawa organik.

Uraian Materi :

POLIMER

Polimerisasi adalah proses penggabungan beberapa molekul sederhana menjadi molekul besar. Senyawa hasil proses polimerisasi disebut polimer atau makromolekul, yaitu molekul yang terbentuk dari penggabungan molekul-molekul sederhana (monomer) menjadi bentuk rantai yang panjang.

Berdasarkan reaksi pembentukannya, polimer dibagi menjadi:

1. Polimer adisi: polimer yang dibuat melalui reaksi penggabungan monomer menjadi polimer yang massa molekulnya merupakan kelipatan dari massa molekul monomernya. Contoh: polietilena, polipropilena, polistirena dan PVC.

2. Polimer kondensasi: polimer yang dibuat melalui reaksi penggabungan monomer yang satu dengan monomer yang lain disertai pelepasan molekul kecil, seperti air. Contoh: serat sintetis nilon 6.6 (monomer asam adiptat + heksametilendiamina), dan polyester (monomer asam tereftalat + etilenglikol). Berdasarkan asalnya, polimer dibagi dua, yaitu polimer alam (polimer yang terdapat di alam, seperti karet alam (poliisoprena), protein, pati, sellulosa dan glikogen, dan polimer buatan (polimer yang dibuat di laboratorium atau di industri, seperti karet buatan, nilon, teflon, plastik, PVC).

Beberapa senyawa organik yang berkaitan dengan kehidupan kita adalah polimer alam yang pembentukannya melalui polimerisasi kondensasi, karena monomer pembentuknya berbeda-beda meskipun melalui jenis ikatan yang sama. Sebagai contoh, karbohidrat atau polisakarida tersusun dari monomer sakarida (monosakarida), seperti glukosa, galaktosa, fruktosa, manosa, dan lain-lain. Demikian juga protein atau polipeptida, tersusun dari monomer asam amino, seperti glisin, alanin, tirosin, lisin, triptophan, dan lain-lain.

Soal dan Pembahasan :

Soal + Pembahasan No. 1

Karet alam merupakan polimer alam yang tersusun dari monomer...

A. vinil klorida

B. 2-metil butena

C. 2-metil-1,3-butadiena

D. neoprena

E. kloroprena


Pembahasan :

Salah satu jenis polimer adalah poliisoprena pada pohon karet (karet alami). Pada polimerisasi ini sebagai monomer adalah isoprena atau 2-metil-1,3-butadiena, sehingga polimer yang dihasilkan berbentuk poliisoprena. Adapun reaksinya dapat dituliskan:

Menentukan Jenis Monomer Dari Suatu Polimer Senyawa Organik + Soal & Pembahasan

JAWABAN : C


Soal + Pembahasan No. 2

Nasi dan telur yang kita konsumsi mengandung karbohidrat dan protein relatif tinggi. Keduanya merupakan polimer organik yang dibutuhkan tubuh yang terbentuk melalui polimerisasi kondensasi. Monomer dari polimer karbohidrat dan protein adalah...

A. glukosa dan asam amino

B. sukrosa dan asam amino

C. sakarida dan asam nukleat

D. gula dan asam amino

E. sakarida dan asam amino


Pembahasan :

Karbohidrat dan protein adalah polimer yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Keduanya sering juga disebut sebagai makromolekul, karena bentuk polimernya yang sangat besar. Jika ditinjau dari reaksi pembentukannya, maka keduanya terbentuk melalui polimerisasi kondensasi, karena monomer pembentuknya yang tidak selalu satu jenis. Adapun monomer dari karbohidrat dan protein adalah sakarida dan asam amino

JAWABAN : E


Soal + Pembahasan No. 3

Ban kendaraan bermotor merupakan kopolimer yang menghasilkan karet sintetis. Berbeda halnya dengan karet alami yang terbentuk melalui proses polimerisasi adisi, maka karet sintetis dibentuk melalui polimerisasi kondensasi, yaitu tersusun dari monomer...

A. fenol dan formaldehida

B. formaldehida dan butadiena

C. stirena dan fenol

D. butadiena dan stirena

E. butadiena dan fenol


Pembahasan :

Karet sintesis dibuat dari kopolimerisasi butadiena (75%) dan stirena (25%). Penggunaan utama karet sintesis adalah untuk ban kendaraan bermotor. Adapun reaksi polimerisasi yang terbentuk adalah:

Menentukan Jenis Monomer Dari Suatu Polimer Senyawa Organik + Soal & Pembahasan

JAWABAN : D


Sumber pustaka :

Supriano. 2019. Bahan Ajar Kimia. Jakarta : Kemdikbud

Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Menentukan Jenis Monomer Dari Suatu Polimer Senyawa Organik + Soal & Pembahasan"