Skip to main content

follow us

Menjelasksn Hubungan Konfigurasi Elektron Dengan Sistem Periodik Unsur

Hubungan antara konfigurasi elektron dengan sistem periodik unsur dapat dijelaskan lewat penentuan letak suatu unsur (periode dan golongan) dalam sistem periodik unsur.

Berikut kata kunci dalam menentukan periode dan goglongan suatu unsur dalam sistem periodik unsur :
  1. Unsur yang memiliki konfigurasi elektron yang berakhir pada kulit S dan atau P, maka unsur tersebut terletak di golongan A dalam sistem periodik unsur.
  2. Unsur yang memiliki konfigurasi elektron yang berakhir pada kulit D dan atau F, maka unsur tersebut terletak di golongan B dalam sistem periodik unsur.
  3. Jumlah kulit elektron / kulit terbesar dalam konfigurasi elektron menunjukkan letak periode unsur dalam sistem periodik unsur.
  4. Jumlah elektron valensi suatu unsur dalam konfigurasi elektron menunjukkan letak golongan unsur dalam sistem periodik unsur.
  5. Jumlah elektron valensi pada konfigurasi elektron yang berakhir pada kulit S langsung sama dengan elektron yang ada pada kulit S (tidak dijumlah).
  6. Jumlah elektron pada konfigurasi elektron yang berakhir pada kulit P, D, dan F dijumlah dengan elektron yang ada pada kulit sebelumnya (kulit S).
  7. Golongan suatu unsur dalam sistem periodik unsur ditulis dalam bentuk angka romawi
Baca juga : Uji Kompetensi Bagian 1 (BAB II : Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur)

Berikut contoh soal yang bisa diperhatikan agar penjelasan di atas lebih mudah di pahami.

Tentukan letak unsur 12Mg, 15P, dan 25Mn di dalam sistem periodik unsur.

Jawab :

12Mg : 1s2 2s2 2p6 3s2 eV = 2
  • Konfigurasi elektronnya berakhir di kulit S berarti unsurnya masuk golongan A, dan elektron valensinya = 2 (Unsurnya terletak di golongan II A).
  • Jumlah kulit / kulit terbesarnya adalah 3, sehingga unsur tersebut terletak di periode ke 3.
15P: 1s2 2s2 2p6 3s2 3p3 eV = 3 + 2 = 5
  • Konfigurasi elektronnya berakhir di kulit P berarti unsurnya masuk golongan A, dan elektron valensinya = 5 (Unsurnya terletak di golongan V A).
  • Jumlah kulit / kulit terbesarnya adalah 3, sehingga unsur tersebut terletak di periode ke 3.
25Mn : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d5 eV = 5 + 2 = 7
  • Konfigurasi elektronnya berakhir di kulit D berarti unsurnya masuk golongan B, dan elektron valensinya = 7 (Unsurnya terletak di golongan VII A).
  • Jumlah kulit / kulit terbesarnya adalah 4, sehingga unsur tersebut terletak di periode ke 4.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar