Skip to main content

follow us

Rumus Empiris

Rumus empiris menunjukkan jenis dan perbandingan paling sederhana dari atom-atom penyusun suatu zat. Sebagai contoh, hidrogen peroksida merupakan zat pemutih untuk tekstil mempunyai rumus molekul H2O2 yang menunjukkan bahwa setiap molekulnya tersusun dari 2 atom hidrogen dan 2 atom oksigen. Perbandingan paling sederhana dari atom H : O = 1 : 1, maka rumus empiris dari hidrogen peroksida adalah HO. Contoh lainnya, rumus molekul glukosa adalah C6H12O6. Perbandingan atom-atom C : H : O = 1 : 2 : 1, sehingga rumus empiris glukosa adalah CH2O. Rumus kimia C2H4O2 juga mempunyai perbandingan C : H : O = 1 : 2 : 1, tetapi C2H4O2 bukan merupakan rumus empiris dari glukosa, sebab rumus empiris harus menyatakan perbandingan paling sederhana atau paling kecil.

Rumus empiris suatu zat dapat identik dengan rumus molekulnya, misalnya H2O, CCl4, HCl, dan lain-lain. Rumus molekul dapat merupakan penggandaan dari rumus empirisnya dan sebaliknya rumus empiris dapat diturunkan dari penyederhanaan rumus molekulnya.

Senyawa ion hanya mempunyai rumus empiris dan tidak mempunyai rumus molekul, sebab senyawa ion dibentuk dari gabungan ion-ion positif dan ion-ion negatif, bukan dari molekul. Jadi, untuk menyatakan rumus kimia senyawa ion digunakan rumus empiris.

Contoh :
Pada sebutir kristal garam dapur terdapat ion-ion Na+ dan ion-ion Cl- yang jumlahnya tidak tentu karena setiap satu ion natrium dikelilingi oleh 6 ion klorida dan sebaliknya setiap satu ion klorida dikelilingi oleh 6 ion natrium. Jadi, dalam sebutir kristal garam dapur dapat terdiri dari 6 ion Na+ dan 6 ion Cl-, atau kelipatannya. Dengan demikian, garam dapur dapat mempunyai rumus kimia Na6Cl6, Na12Cl12, Na24Cl24, dan seterusnya tergantung besar kecilnya ukuran butiran kristal garam dapur tersebut. Tetapi, yang dapat dipastikan adalah perbandingan jumlah ion Na+ : Cl- = 1 : 1. Oleh karena itu, rumus empiris garam dapur adalah NaCl. Agar senyawa ion netral, maka jumlah muatan ion positif harus sama dengan jumlah muatan ion negatif. Oleh karena itu, senyawa kalsium klorida yang tersusun dari dari ion Ca2+ dan ion Cl-, rumus empirisnya adalah CaCl2.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar