Skip to main content

follow us

Uji Kompetensi Asam-Basa (Bagian 4)


Jawablah soal berikut untuk menguji pemahaman adik-adik pada materi sebelumnya.
  1. Suatu indikator HIn mempunyai nilai Ka = 10-5. Jika HIn berwarna merah dan In- berwarna kuning, pada pH berapa indikator akan berwarna merah dan pada pH berapa akan berwarna kuning ?
  2. Larutan asam HA 0,1 M akan memberikan warna yang sama dengan larutan HCl 0,001 M jika ditetesi dengan indikator universal. Hitunglah nilai Ka HA.
  3. Suatu larutan jika ditetesi indikator metil jingga berwarna kuning, sedangkan jika ditetesi indikator metil merah berwarna jingga. Dengan menggunakan trayek pH pada tabel di postingan sebelumnya (Indikator Asam Basa dan Nilai pH), perkirakan nilai pH larutan tersebut. Apakah warna yang akan terlihat jika larutan tersebut ditetesi dengan indikator BTB ?
  4. Trayek pH indikator klorofenol merah adalah 4,8 - 6,4 dengan warna kuning - merah. Bagaimana warna indikator tersebut bila diteteskan pada larutan :
    a. CH3COOH 0,1 M (Ka = 10-5)
    b. NaOH 0,01 M
    c. Air murni
  5. Diketahui trayek pH beberapa indikator sebagai berikut :


    Pertanyaan :
    a. Apa warna larutan CH3COOH 0,1 M (Ka = 10-5) jika ditetesi dengan indikator metil jingga, bromtimol biru, dan fenolftalein ?
    b. Suatu larutan jika ditetesi dengan BTB berwarna hijau. Apa warna larutan tersebut jika ditetesi dengan fenolftalein ?
    c. Jika suatu larutan ditetesi dengan metil jingga dan berwarna merah, apa warna larutan tersebut jika ditetesi dengan bromtimol biru ?

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar