Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merancang PTK Pada Pembelajaran Kimia Materi Sifat Koligatif Larutan, Konsep mol, Larutan, Kesetimbangan Kimia+ Soal & Pembahasan

Merancang PTK Pada Pembelajaran Kimia Materi Sifat Koligatif Larutan, Konsep mol, Larutan, Kesetimbangan Kimia+ Soal & Pembahasan

Tujuan Pembelajaran :

Dengan mempelajari seluk beluk PTK dan mencermati masalah yang muncul pada saat pembelajaran materi sifat koligatif larutan, konsep mol, larutan, kesetimbangan kimia, peserta dapat merancang penelitian untuk mengatasi masalah pembelajaran kimia.

Uraian Materi :

LANGKAH-LANGKAH PTK

1. Ide awal

Ide awal dalam PTK selalu berkaitan dengan masalah pelaksanaan praktik pembelajaran di dalam kelas dan guru berkeinginan untuk menemukan solusi tindakan yang tepat melalui PTK.

2. Pra-survei atau temuan awal

Dalam hal PTK dilakukan di kelasnya sendiri guru tidak perlu melakukan prasurvei. Masalah-masalah yang berkaitan dengan kemajuan belajar peserta didik, sarana/prasarana, dan sikap peserta didiknya guru sudah memahami secara jelas. Masalah dalam PTK didasarkan pada masalah keseharian yang selalu muncul yang dirasakan dan dihayati ketika melaksanakan pembelajaran (an inquiry on practice from within).

3. Diagnosis

Guru yang akan melakukan PTK perlu melakukan diagnosis, yaitu menentukan kelemahan-kelemahan apa yang terjadi di kelas tersebut, dalam kaitannya dengan PTK yang akan dilakukan.

4. Perencanaan

Ada dua jenis perencanaan, yaitu perencanaan umum dan perencanaan khusus. Perencanaan umum berkaitan dengan rencana pelaksanaan PTK secara menyeluruh. Pelaksanaan khusus berkaitan dengan rencana kegiatan setiap siklus, yang tiap kali harus dilakukan perencanaan ulang.

5. Implementasi Tindakan

Implementasi tindakan merupakan realisasi dari tindakan yang telah direncanakan, yang dipersiapkan dalam bentuk satuan pembelajaran dan rencana pembelajaran. Tindakan yang dilakukan ketika melakukan PTK merupakan upaya perbaikan yang dilakukan bersama-sama siswa dan guru secara kolaboratif dan partisipatif (a collaborative effort and or participatives).

6. Observasi

Observasi atau monitoring dapat dilakukan sendiri oleh guru atau kolaborator. Hal yang harus dicatat saat observasi atau monitoring adalah semua hal yang terjadi di kelas penelitian dengan instrumen yang telah disiapkan.

7. Refleks

Refleksi adalah upaya evaluasi yang dilakukan oleh peneliti, kolaborator atau partisipan yang berkaitan dengan PTK yang dilaksanakan. Refleksi dilakukan dengan cara kolaboratif, yaitu dengan melakukan diskusi terhadap berbagai masalah yang terjadi di kelas penelitian berdasarkan hasil observasi selama berlangsungnya tindakan solutif, sehingga berdasarkan hasil refleksi dapat ditentukan perbaikan tindakan (replanning) untuk siklus berikutnya.

Model Kemmis dan McTaggart merupakan model yang paling banyak digunakan dalam melakukan PTK. Model ini terdiri atas untaian-untaian yang masingmasing terdiri atas kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Satu untaian yang terdiri atas empat kegiatan tersebut dinyatakan sebagai satu siklus. Penelitian tindakan umumnya terdiri atas beberapa siklus. Model ini dapat digambarkan :

Merancang PTK Pada Pembelajaran Kimia Materi Sifat Koligatif Larutan, Konsep mol, Larutan, Kesetimbangan Kimia+ Soal & Pembahasan

Keseluruhan proses implementasi tindakan dipantau dengan menggunakan metode dan alat yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah (a reflective practice made public).

Soal dan Pembahasan :

Soal + Pembahasan No. 1

Berdasarkan pengamatan Pak Jimmy terhadap salah satu kelas yang diajarnya menunjukkan adanya permasalahan yang selalu muncul di kelas tersebut, yaitu partisipasi yang sangat kurang. Oleh karena itu Pak Jimmy berencana melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memperbaiki kondisi yang terjadi. Pak Jimmy ingin menerapkan alternatif tindakan yang diharapkan mampu merangsang anak didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Sebagai persiapan, Pak Jimmy membuat lembar observasi yang berkaitan dengan partisipasi. Berikut ini yang tidak termasuk kriteria partisipasi adalah ...

A. Frekuensi bertanya

B. Kualitas pertanyaan yang diajukan

C. Panjang pendeknya pertanyaan

D. Kualitas sanggahan atau argumentasi

E. Usaha menjawab pertanyaan


Pembahasan :

Dalam berpartisipasi, salah satunya dapat ditunjukkan siswa dengan mengajukan pertanyaan, memberi tanggapan, argumentasi, dan usaha untuk menjawab pertanyaan guru semampunya. Namun demikian dalam mengajukan pertanyaan harus berkualitas, seperti bertanya tentang hal yang penting dan memerlukan penjelasan lebih mendalam, dan sesering mungkin bertanya di setiap kesempatan. Panjang pendeknya pertanyaan tidak ada hubungannya dengan partisipasi.

JAWABAN : C


Soal + Pembahasan No. 2

Berdasarkan pengamatan Pak Hendra terhadap hasil belajar pada materi ikatan kimia yang masih di bawah KKM. Pak Hendra berencana melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memperbaiki kondisi yang terjadi. Pak Hendra ingin memilih media pembelajaran animasi yang memudahkan siswa dalam memahami materi ikatan kimia. Sebagai persiapan, Pak Hendra membuat instrumen penelitian untuk mengukur keberhasilan PTK yang dilakukan. Berikut ini yang tidak termasuk kriteria penilaian dalam PTK ini adalah ...

A. Keterlaksanaan penerapan media animasi

B. Aktivitas siswa dalam menggunakan media animasi

C. Respon siswa setelah menggunakan media animasi

D. Hasil belajar siswa

E. Biaya pembuatan media animasi


Pembahasan :

Keberhasilan PTK dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, respon, dan hasil belajar. Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk pelaksanaan PTK tidak ada kaitannya dengan keberhasilan PTK. Biaya yang tinggi belum tentu menghasilkan hasil PTK yang baik.

JAWABAN : E


Soal + Pembahasan No. 3

Bu Cici menyadari bahwa kemampuan keterampilan proses siswanya masih rendah. Bu Cici ingin melakukan PTK untuk memperbaiki kondisi tersebut. Oleh karena itu Bu Cici memilih model pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami materi laju reaksi sekaligus melatihkan keterampilan proses pada siswa. Model pembelajaran yang tepat untuk keperluan PTK Bu Cici adalah ...

A. Kooperatif Jigsaw

B. Kooperatif STAD

C. Pembelajaran langsung

D. Diskusi

E. Penemuan


Pembahasan :

Model pembelajaran penemuan, di dalamnya terdapat tahapan keterampilan proses. Model penemuan juga tepat untuk mengajarkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

JAWABAN : E


Sumber gambar :

Webinar icons created by Chanut-is-Industries - Flaticon
Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Merancang PTK Pada Pembelajaran Kimia Materi Sifat Koligatif Larutan, Konsep mol, Larutan, Kesetimbangan Kimia+ Soal & Pembahasan"