Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemanfaatan Hasil Penilaian Pada Materi Struktur Atom, Ikatan Kimia, Partikel - partikel Materi, Termokimia + Soal & Pembahasan

Pemanfaatan Hasil Penilaian Pada Materi Struktur Atom, Ikatan Kimia, Partikel - partikel Materi, Termokimia + Soal & Pembahasan

Tujuan Pembelajaran :

Dengan mencermati hasil penilaian pada materi struktur atom, ikatan kimia, partikelpartikel materi, termokimia, peserta dapat menjelaskan pemanfaatan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Uraian Materi :

PEMANFAATAN HASIL PENILAIAN

Penilaian hasil belajaran bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah menguasai kompetensi pembelajaran, baik Standar Kompetensi (SK) maupun Kompetensi Dasar (KD). Kompetensi Dasar dinyatakan dalam bentuk penguasaan kompetensi materi pokok atau materi pembelajaran. Tujuan lain penilaian hasil belajar ialah untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi strategi pembelajaran yang telah dipergunakan.

Setelah diperoleh hasil penilaian yang berupa nilai ulangan atau nilai ujian, maka hasil penilaian ini bermanfaat bagi guru untuk mengetahui berhasil tidaknya guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dengan kata lain nilai siswa merupakan umapn balik (feedback) bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya jika nilai sebagian besar siswa relatif rendah. Sebaliknya hasil penilaian tersebut juga bermanfaat bagi siswa dalam mengetahui tingkat penguasaannya terhadap materi yang dipelajarinya. Dengan demikian jika nilainya jelek, siswa akan berusaha memperbaiki cara belajarnya untuk menghadapi ulangan/ujian berikutnya.

Soal dan Pembahasan :

Soal + Pembahasan No. 1

Berdasarkan hasil ulangan menunjukkan sebagian besar anak didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal termokimia. Sebagai guru yang profesional, tindakan Pak Andang yang tepat dilakukan agar dapat mengatasi kesulitan siswanya adalah memberi ...

A. Penjelasan ulang materi termokimia secara keseluruhan

B. PR berupa soal-soal untuk dikerjakan di rumah

C. Buku sumber untuk dipelajari sendiri peserta didik

D. Contoh soal berbagai tipe beserta pembahasannya

E. Beberapa soal untuk didiskusikan secara berkelompok


Pembahasan :

Penjelasan ulang materi, PR, buku sumber untuk dipelajari sendiri, dan mengerjakan soal dalam diskusi bukan solusi untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menguasai suatu materi. Minat untuk mendengarkan penjelasan ulang belum tentu muncul meskipun siswa kesulitan memahami, PR dapat hanya melihat jawaban siswa lainnya, minat literasi relatif masih rendah, dan diskusi kurang efektif karena didominasi siswasiswa yang pandai dan mau berpikir.

Jadi solusinya, guru harus tetap menjadi fasilitator dengan menyajikan contoh-contoh soal yang beragam tipenya agar ketika nanti diberikan soal dengan berbagai tipe tersebut dapat menjawab dengan baik dan benar.

JAWABAN : D


Soal + Pembahasan No. 2

Berdasarkan hasil ulangan menunjukkan sebagian besar siswa mengalami kesulitan menentukan variabel manipulasi dan variabel respon pada analisis pengaruh suhu terhadap laju reaksi. Sebagai guru yang profesional, tindakan Bu Endah yang tepat dilakukan agar dapat mengatasi kesulitan siswanya adalah ...

A. Memperdalam pemahaman komponen keterampilan proses

B. Memperdalam pemahaman faktor yang mempengaruhi laju nreaksi

C. Memberikan latihan soal tentang perhitungan laju reaksi

D. Memperjelas secara total seluruh materi laju reaksi

E. Memberikan buku bacaan dari penerbit yang berbeda


Pembahasan :

Untuk memahami tentang variabel manipulasi dan variabel respon, siswa harus diberi pendalaman materi tentang komponen keterampilan proses.

JAWABAN : A


Soal + Pembahasan No. 3

Berdasarkan hasil ulangan yang diadakan Pak Ruslan menunjukkan sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak tentang pergerakan elektron pada sel Volta. Sebagai guru yang bertanggung jawab, maka Pak Ruslan melakukan tindakan untuk mengatasi kesulitan siswanya, yaitu dengan cara ...

A. Memperjelas secara total materi elektrokimia

B. Memberikan buku bacaan yang berbeda dari yang digunakan di kelas

C. Menampilkan animasi yang dapat memvisualisasikan pergerakan elektron

D. Memberikan latihan soal yang banyak dan bervariasi

E. Melakukan percobaan sel Volta yang diulang-ulang


Pembahasan :

Pergerakan elektron dalam sel Volta tidak dapat diamati hanya melalui percobaan, karena gerakan elektron hanya dapat dilihat gejalanya dan tidak diamati secara kasat mata. Dengan membaca, latihan soal, maupun penjelasan ulang kurang dapat membantu pemahaman siswa terhadap konsep yang abstrak ini. Oleh karena itu satusatunya tindakan yang tepat adalah dengan menampilkan animasi yang dapat memvisualisasikan pergerakan elektron tersebut.

JAWABAN : C


Sumber Gambar :

Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk " Pemanfaatan Hasil Penilaian Pada Materi Struktur Atom, Ikatan Kimia, Partikel - partikel Materi, Termokimia + Soal & Pembahasan"