Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2021 (6 - 10)

Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2021 (1 - 5)

Berikut ini adalah Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2021 (6 - 10). Oh iya, selain soal dan kunci jawaban juga dilengkapi dengan PEMBAHASAN. Untuk melihat pembahasan silahkan klik "Buka".

Soal + Pembahasan KSN-K Informatika (No. 6)

Seekor semut berada di bidang dimensi dua. Ketika berada di koordinat (x,y), dia bisa bergerak ke kanan (x+1,y), kiri (x-1,y), atas (x,y+1), atau bawah (x,y-1) dengan aturan tertentu sesuai dengan tabel berikut:

Gerakan Sebelum (genap, genap) (ganjil, genap) (genap, ganjil) (ganjil, ganjil)
Kiri Bawah Kiri Atas Kanan
Kanan Kanan Bawah Kiri Atas
Atas Atas Kanan Bawah Kiri
Bawah Kiri Atas Kanan Bawah

Tabel tersebut menunjukkan aturan pergerakan semut tersebut. Baris menunjukkan gerakan yang terakhir dilakukan sementara kolom menunjukkan ganjil/genapnya koordinat semut sekarang. Misalnya, jika sekarang berada di koordinat (10,12) yaitu (genap,genap) dan sebelumnya bergerak ke kiri dari (11,12), maka gerakan selanjutnya adalah ke bawah yaitu ke (10,11). Jika semut tersebut ingin bergerak dari koordinat (0,0) ke koordinat (1,-2), arah gerakan awal yang mungkin adalah...

a. kiri

b. kanan, atas

c. kiri, bawah

d. kiri, kanan, atas

e. semua gerakan bisa


Pembahasan :

Semut bergerak dari koordinat (0,0) ke koordinat (1,-2), atau bisa kita tulis :

Kanan : 0,0 ⟶ 1,-2

Karena X bernilai positif atau = 1, maka bisa di pastikan gerakan semut ke kanan, kemudian karena nilai Y bernilai negatif atau = -2, maka gerakan akhir semut yaitu ke bawah.

Sehingga arah gerak awal semut yang mungkin yaitu Kanan, atas kemudian ke bawah.

JAWABAN : B


Soal + Pembahasan KSN-K Informatika (No. 7)

Seekor semut berada di bidang dimensi dua. Ketika berada di koordinat (x,y), dia bisa bergerak ke kanan (x+1,y), kiri (x-1,y), atas (x,y+1), atau bawah (x,y-1) dengan aturan tertentu sesuai dengan tabel berikut :

Gerakan Sebelum (genap, genap) (ganjil, genap) (genap, ganjil) (ganjil, ganjil)
Kiri Kanan Atas Bawah Atas
Kanan Kiri Kanan Kanan Bawah
Atas Atas Bawah Kanan Bawah
Bawah Atas Bawah Kanan Kiri

Tabel tersebut menunjukkan aturan pergerakan semut tersebut. Baris menunjukkan gerakan yang terakhir dilakukan sementara kolom menunjukkan ganjil/genapnya koordinat semut sekarang. Misalnya, jika sekarang berada di koordinat (10,12) yaitu (genap,genap) dan sebelumnya bergerak ke kiri dari (11,12), maka gerakan selanjutnya adalah ke bawah yaitu ke (10,11). Jika semut tersebut ingin bergerak dari koordinat (0,0) ke koordinat (-1,-100), gerakan awal apa saja yang cocok...?

a. kiri

b. atas, bawah

c. kiri, atas, bawah

d. kiri, kanan

e. tidak ada yang cocok


Pembahasan :

Semut bergerak dari koordinat (0,0) ke koordinat (-1,-100), atau bisa kita tulis :

Kanan : 0,0 ⟶ -1,-100

Karena X bernilai negatif atau = -1, maka bisa di pastikan gerakan semut ke kiri, kemudian karena nilai Y bernilai negatif atau = -100, maka gerakan akhir semut yaitu ke bawah.

Sehingga arah gerak awal semut yang mungkin yaitu Kiri.

JAWABAN : A


Soal + Pembahasan KSN-K Informatika (No. 8)

Perhatikan pernyataan logika berikut:

Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2021 (6 - 10)

maka berapa banyak cara berbeda untuk menentukan nilai p,q,r sehingga pernyataan tersebut menjadi benar...?

a. 1

b. 3

c. 5

d. 6

e. 8


Pembahasan :

Pembahasan akan segera di post

JAWABAN : ...


Soal + Pembahasan KSN-K Informatika (No. 9)

Andi dan Budi sedang bermain Tic Tac Toe, yaitu permainan yang dilakukan di sebuah petak. Andi menuliskan huruf X dan Budi menuliskan huruf O secara bergantian dimulai dari Andi. Pemain yang berhasil membuat 3 huruf dalam 1 garis lurus memenangkan permainan (garis mendatar, vertikal dan diagonal diperbolehkan).

Sebagai contoh, jika petak berukuran 3 x 3 dan berakhir seperti pada gambar di bawah ini:

Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2021 (6 - 10)

maka Andi telah memenangkan permainan, karena pada salah satu diagonal terdapat garis lurus berisi 3 buah huruf X.

Permainan dikatakan seimbang apabila petak sudah penuh terisi, sementara kedua pemain belum ada yang menjadi pemenang. Apabila ukuran petak adalah 30 x 31 dan diketahui permainan berakhir seimbang, berapa banyak kemungkinan susunan posisi akhir dari petak tersebut (rotasi dan refleksi petak dihitung berbeda)...?

a. 6

b. 8

c. 2²⁹ + 2³⁰

d. 2³⁰ + 2³¹

e. 2³¹ + 2³²


Pembahasan :

Pembahasan akan segera di post

JAWABAN : ...


Soal + Pembahasan KSN-K Informatika (No. 10)

Empat anak bernama Andi, Budi, Caca, dan Dudi sedang bermain hompimpa. Andi, Budi, dan Caca mempunyai peluang berturut-turut ½, ⅔, dan ¼ untuk mengeluarkan hitam. Permainan dilakukan terus-menerus sampai ada yang menang. Seorang pemain dikatakan menang apabila mengeluarkan warna yang berbeda dengan semua pemain lainnya. Untuk mendapatkan peluang menang terbesar, Dudi perlu mengeluarkan warna ... sehingga peluangnya menjadi ...

a. Hitam - ⅛

b. Hitam - ⅙

c. Putih - ⅙

d. Hitam - ¼

e. Hitam - ⅗


Pembahasan :

Pembahasan akan segera di post

JAWABAN : ...


Pembahasan soal selanjutnya ⇒ Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2021 (11 - 15)

File soal dan kunci jawaban bisa di download DI SINI.

List Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2021 :

Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

1 komentar untuk "Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2021 (6 - 10)"

Comment Author Avatar
Pembahasannya ira kira kapan yak untuk kesemuanya soalnya saya mau belajar gak ngerti soalny

Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Centang "Beri tahu saya" untuk mendapatkan pemberitahuan balasan komentar anda.