Skip to main content

follow us

Perkembangan Teori Atom

  • Teori Atom Dalton
Menurut Dalton Atom merupakan partikel terkecil dari suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi.

Kelemahan teori atom Dalton :
  1. Tidak dapat menjelaskan sifat listrik materi.
  2. Tidak dapat menjelaskan cara atom-atom saling berikatan.
  3. Model atom Dalton tidak dapat menjelaskan perbedaan antara atom unsur yang satu dengan unsur yang lain.
Kelebihan teori atom Dalton :
  1. Dapat menerangkan Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier)
  2. Dapat menerangkan Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Proust)
  • Teori Atom Thomson
Menurut Thomson Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan di dalamnya tersebar muatan negatif elektron.

Baca juga : Menjelaskan Sifat-Sifat Keperiodikan Unsur

Kelemahan teori atom Thomson :
Model Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut.

Kelebihan teori atom Thomson :
Membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur.
  • Teori Atom Rutherford
Rutherofrd menyatakan bahwa atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif, dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif.

Kelemahan teori atom Rutherford :
Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom. Berdasarkan teori fisika, gerakan elektron mengitari inti ini disertai pemancaran energi sehingga lama – kelamaan energi elektron akan berkurang dan lintasannya makin lama akan mendekati inti dan jatuh ke dalam inti Ambilah seutas tali dan salah satu ujungnya Anda ikatkan sepotong kayu sedangkan ujung yang lain Anda pegang. Putarkan tali tersebut di atas kepala Anda. Apa yang terjadi? Benar. Lama kelamaan putarannya akan pelan dan akan mengenai kepala Anda karena putarannya lemah dan Anda pegal memegang tali tersebut. Karena Rutherford adalah telah dikenalkan lintasan/kedudukan elektron yang nanti disebut dengan kulit.

Baca juga : Menjelaskan Perkembangan Sistem Periodik Unsur Dan Dasar-Dasar Pengelompokan Unsur

Kelebihan teori atom Rutherford :
Membuat hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilingi inti
  • Teori Atom Niels Bohr
Niels Bohr mengemukakan bahwa atom terdiri dari inti berukuran sangat kecil dan bermuatan positif dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif pada lintasan tertentu / orbit tertentu.

Kelemahan teori atom Bohr :
  1. Lintasan electron yg sebenarnya, masih mempunyai sub kulit orbital bukan hanya berupa lingkaran, jadi tidak sesederhana teori Bohr.
  2. Model atom Bohr hanya dapat menerangkan model atom hydrogen, belum dapat menerangkan model atom berelektron banyak.
  3. Teori Bohr tidak dapat menerangkan kejadian-kejadian dalam kimia dengan baik, termasuk pengaruh medan magnetik terhadap atom
Kelebihan teori atom Bohr :
  1. Elektron tidak mengorbit mengelilingi inti melalui sembarang lintasan, tp hanya melalui lintasan tertentu dengan momentum sudut tertentu tanpa melepaskan energi (= Lintasan Stasioner ).
  2. Elektron dapat berpindah hanya dengan melepaskan dan menyerap energi sebesar hf (energi foton)
  • Teori Atom Mekanika Kuantum
Menurut teori atom mekanika kuantum, posisi elektron dalam mengelilingi inti atom tidak dapat diketahui secara pasti sesuai prinsip ketidakpastian Heisenberg. Oleh karena itu, kebolehjadian (peluang) terbesar ditemukannya elektron berada pada orbit atom tersebut. Dengan kata lain, orbital adalah daerah kebolehjadian terbesar ditemukannya elektron dalam atom.

Menurut model atom mekanika kuantum, gerakan elektron dalam mengelilingi inti atom memiliki sifat dualisme sebagaimana diajukan oleh de Broglie. Oleh karena gerakan elektron dalam mengelilingi inti memiliki sifat seperti gelombang maka persamaan gerak elektron dalam mengelilingi inti harus terkait dengan fungsi gelombang. Dengan kata lain, energi gerak (kinetik) elektron harus diungkapkan dalam bentuk persamaan fungsi gelombang.

Baca juga : Menjelasksn Hubungan Konfigurasi Elektron Dengan Sistem Periodik Unsur

Persamaan yang menyatakan gerakan elektron dalam mengelilingi inti atom dihubungkan dengan sifat dualisme materi yang diungkapkan dalam bentuk koordinat Cartesius. Persamaan ini dikenal sebagai persamaan Schrodinger.

Dari persamaan Schrodinger ini dihasilkan tiga bilangan kuantum, yaitu bilangan kuantum utama (n), bilangan kuantum azimut( A ), dan bilangan kuantum magnetik(m). Ketiga bilangan kuantum ini merupakan bilangan bulat sederhana yang menunjukkan peluang adanya elektron di sekeliling inti atom.

Kelebihan teori atom mekanika kuantum :
  1. Dapat menjelaskan posisi kebolehjadian ditemukannya elektron
  2. Dapat menjelaskan posisi elektron saat mengorbit
  3. Dapat mengukur perpindahan energi eksitasi dan emisinya
  4. Mengidentifikasi proton dan neutron pada inti sedang elektron berada pada orbitalnya
Teori model atom modern / mekanika kuantum ini didukung dengan rumusan persamaan gelombang yang ditemukan oleh Schrodinger, yaitu persamaan berupa fungsi suatu ruang tiga dimensi,. Kelemahannya, persamaan ini hanya dapat diterapkan secara eksak untuk partikel dalam kotak dan atom dengan elektron tunggal. Model atom mekanika kuantum ini juga sulit diterapkan untuk sistem mikroskopis dengan kumpulan atom misalnya hewan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar