Cara Cepat dan Mudah Memahami Materi Sifat-Sifat Keperiodikan Unsur


Sifat-Sifat Keperiodikan Unsur

Materi sifat-sifat keperiodikan unsur ini secara singkat, padat, dan jelas bisa disimak pada video singkat berikut :


Penjelasan secara detil dan lengkap terkait apa saja yang termasuk sifat-sifat keperiodikan unsur bisa disimak pada penjelasan berikut :

a. Logam dan Non-Logam
  • Dalam satu periode dari kiri ke kanan, sifat kelogamannya berkurang, atau makin bersifat non-logam. Sedangkan dalam satu golongan dari atas ke bawah, sifat kelogamannya semakin besar.
Baca juga : Menjelasksn Hubungan Konfigurasi Elektron Dengan Sistem Periodik Unsur

b. Titik Leleh dan Titik Didih
  • Unsur-unsur logam dalam satu golongan dari atas ke bawah, titik leleh dan titik didihnya cenderung makin rendah, sedangkan untuk unsur-unsur non-logam cenderung makin tinggi.
  • Unsur-unsur dalam satu periode dari kiri ke kanan, titik lelehya naik sampai maksimum pada golongan IVA kemudian turun secara teratur, sedangkan titik didih akan naik sampai maksimum pada golongan IIIA kemudian turun secara teratur.
c. Jari-jari Atom
  • Jari-jari atom merupakan jarak dari pusat atom (inti atom) sampai kulit terluar yang ditempati elektron.
  • Jari-jari atom dalam satu periode dari kiri ke kanan makin pendek sedangkan jari-jari atom unsur segolongan dari atas ke bawah makin panjang.
  • Kecenderungan tersebut diakibatkan oleh adanya gaya tarik inti terhadap elektron dan jumlah kulit elektron.

Agar lebih mudah di pahami terkait jari-jari atom ini penjelasan selengkapnya bisa disimak pada video singkat berikut :


Baca juga : Uji Kompetensi Bagian 1 (BAB II : Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur)

d. Energi Ionisasi
  • Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron yang terikat paling lemah oleh suatu atom atau ion dalam wujud gas.
  • Energi ionisasi unsur-unsur dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar, sedangkan energi ionisasi unsur-unsur dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil.
Agar lebih mudah di pahami terkait energi ionisasi ini penjelasan selengkapnya bisa disimak pada video singkat berikut :


e. Afinitas Elektron
  • Afinitas elektron adalah besarnya energi yang dihasilkan atau dilepaskan apabila suatu atom menarik sebuah elektron.
  • Afinitas elektron unsur-unsur dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar, sedangkan afinitas elektron unsur-unsur dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil.
Agar lebih mudah di pahami terkait Afinitas Elektron ini penjelasan selengkapnya bisa disimak pada video singkat berikut :


Baca juga : Uji Kompetensi Bagian 2 (BAB II : Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur)

f. Kelektronegatifan
  • Keelektronegatifan adalah kecenderungan suatu atom dalam menarik pasangan elektron yang digunakan bersama dalam membentuk ikatan.
  • Keelektronegatifan unsur-unsur dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar, sedangkan keelektronegatifan unsur-unsur dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil.
Agar lebih mudah di pahami terkait Afinitas Elektron ini penjelasan selengkapnya bisa disimak pada video singkat berikut :


Ok, semoga penjelasan terkait sifat-sifat keperiodikan unsur ini bisa bermanfaat dan membantu dalam belajar kimia. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang mau ditanyakan seputar sifat-sifat keperiodikan unsur ini, silahkan boleh ditanyakan atau disampaikan di kolom 5kome5n5tar5 d5i bawah.
Dg Tiro
Dg Tiro Bukan siapa-siapa, hanya orang biasa yang sedang belajar untuk selalu bisa bermanfaat bagi orang lain terutama orang-orang terdekat.

Posting Komentar untuk "Cara Cepat dan Mudah Memahami Materi Sifat-Sifat Keperiodikan Unsur"