Skip to main content

follow us

Pengaruh Asam dan Basa terhadap Kesetimbangan Air (Asam Kuat)


Adanya ion H+ yang di hasilkan oleh suatu asam dan ion OH- yang di hasilkan oleh suatu basa dapat mengakibatkan terjadinya pergeseran kesetimbanagan pada reaksi kesetimbangan air :


Asam Kuat
Asam kuat merupakan asam yang di anggap terionisasi sempurna dalam larutannya. Jika di dalam air terlarut asam kuat, misalnya HCl 0,1 M; kesetimbangan air akan terganggu.


Adanya ion H+ yang berasal dari HCl (reaksi 2) menyebabkan kesetimbangan air (reaksi 1) bergeser ke kiri sehingga [H+] dan [OH+] dari air menjadi kurang dari 10-7. Dengan demikian [H+] dari air reaksi (1) dapat di abaikan terhadap [H+] dari HCl sebab dalam air murni saja hanya terdapat sebuah ion H+ dari sepuluh juta molekul air.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa untuk larutan asam kuat, [H+] hanya di anggap berasal dari asam saja, sedangkan ion [H+] dari air dapat diabaikan karena terlalu kecil jika di bandingkan dengan H+ yang berasal dari HCl 0,1 M.

Secara umum apabila di dalam air terdapat asam kuat (HnA) dengan konsentrasi a mol/liter, konsntrasi ion H+ dalam asam tersebut dapat dihitung dengan cara :


Contoh Soal
Hitunglah konsentrasi ion H+ dari larutan H2SO4 0,05 M.

Jawab :

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Jika ada yang mengganjal silahkan disampaikan via kotak komentar berikut. Tanya jawab PR juga boleh.
Buka Komentar