Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2020 (21 - 25)

Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2020 (1 - 5)

Pembahasan soal sebelumnya ⇒ Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2020 (16 - 20)

Soal + Pembahasan KSN-K Informatika (No. 21)

Diketahui A adalah himpunan bilangan bulat 1 sampai dengan 1000, dan B adalah himpunan bilangan bulat 2000 sampai dengan 2500. Mukidi ingin membuat pasangan bilangan: 1 bilangan dari A dan 1 bilangan dari B yang jika dijumlahkan keduanya menghasilkan nilai ganjil. Ada berapa banyak pasangan yang bisa dibentuk?

a. 500

b. 251

c. 249

d. 1000

e. 1500


Pembahasan :

Bilangan ganjil dari himpunan A berjumlah 500 dan bisa berpasangan dengan 251 bilangan dari himpunan B dimulai dari 2000, 2002, 2004 dst.

Sedangkan bilangan genap dari himpunan A bisa berpasangan dengan 250 bilangan lainnya dari himpunan B.

Karena himpunan A lebih banyak, maka ambil jumlahnya dari himpunan B, yaitu 251 + 250 = 501.


Soal + Pembahasan KSN-K Informatika (No. 22)

Seorang sukarelawan akan membagikan paket makanan yang terdiri dari beras, gula, mi instan dan minyak goreng, kepada 6 desa yang berada di satu jalur jalan poros yang telah rusak. Pos komando (posko) sebagai titik 0 km ada di pusat kota. Desa C berjarak 2 km lebih jauh daripada desa A yang hanya 3 km dari posko. Desa B berjarak dua kali desa C jika dihitung dari posko. Desa D jaraknya sama dengan desa F, yakni 7 km dari posko. Desa E berjarak 2 kali jarak desa A jika dihitung dari posko. Dengan alasan ketersediaan alat transportasi dan medan yang berat, maka desa yang berjarak lebih dari 6 km hanya mendapatkan mi instan dan gula, sedangkan desa yang sama atau kurang dari 6 km mendapatkan paket lengkap. Di samping itu, setiap 2 km kendaraan pengangkut bantuan harus istirahat meskipun sudah berhenti lama ketika menurunkan bantuan di suatu desa tertentu. Desa manakah yang jaraknya paling jauh dari Posko?

a. Desa A

b. Desa B

c. Desa D

d. Desa E

e. Jawaban a, b, c, dan d salah.


Pembahasan :

Diketahui bahwa Desa A berjarak 3 km dari posko, sedangkan Desa C berjarak 2 km lebih jauh dari A, sehingga Desa C berjarak 5 km. Desa B berjarak 2 kali Desa C, artinya Desa B berjarak 10 km. Desa D dan F berjarak 7 km dari posko, sedangkan Desa E berjarak 2 kali dari Desa A jika dihitung dari posko (6 km).

Dengan demikian desa yang jaraknya paling jauh adalah Desa B (b).

JAWABAN : B


Soal + Pembahasan KSN-K Informatika (No. 23)

Pak Blangkon berencana mengecat kandang-kandang ayamnya. Konfigurasi lokasi dari kandang yang dimiliki oleh Pak Blangkon adalah sebagai berikut :

Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2020 (21 - 25)

Posisi kandang dilambangkan dengan bulatan. Jika dua buah kandang dihubungkan oleh sebuah garis artinya ada jalan setapak yang menghubungkan secara langsung dua buah kandang tersebut. Seekor ayam tidak akan senang jika kandangnya berwarna sama dengan kandang ayam lain yang terhubung langsung dengan jalan setapak. Karena dana yang terbatas, berapa minimal warna cat yang harus dibeli oleh Pak Blangkon sehingga semua ayam senang.

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

e. 5


Pembahasan :

Pertama misalkan kandang a berwarna ‘1’. Kedua karena kandang b terhubung dengan kandang a, maka kandang b tidak boleh berwarna sama, misal ‘2’. Kandang c tidak boleh sama dengan kandang a dan b, misal ‘3’. Sedangkan kandang d tidak terhubung dengan kandang a, sehingga bisa menggunakan warna yang sama, yaitu ‘1’. Kandang e tidak terhubung dengan kandang b secara langsung sehingga bisa menggunakan warna ‘2’. Terakhir kandang f hanya terhubung dengan kandang berwarna ‘1’ dan ‘2’, sehingga kandang f bisa berwarna ‘3’.

Minimal warna cat yang harus digunakan berjumlah 3 (c).

JAWABAN : C


Soal + Pembahasan KSN-K Informatika (No. 24)

Terdapat 15 pengguna facebook yaitu A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, dan O. Fungsi pertemanan F(X, Y) menyatakan bahwa X dan Y berteman di Facebook. Jika X dan Y berteman kemudian Y dan Z berteman, maka bisa dipastikan bahwa X, Y, dan Z berada pada lingkaran pertemanan yang sama. Anda diberikan informasi status pertemanan antara pengguna sebagai berikut :

F(A,B) F(C,M) F(E,G)
F(A,D) F(D,J) F(O,N)
F(A,O) F(K,L) F(D,C)
F(B,N) F(L,H) F(H,I)

Berapakah banyaknya lingkaran pertemanan yang terbentuk?

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

e. 5


Pembahasan :

Daftar lingkaran pertemanan yang dimulai dari A :

A berteman dengan B, D dan O.

B berteman dengan N.

D berteman dengan C dan J.

C berteman dengan M.

Lingkaran pertemanan kedua:

K berteman dengan L.

L berteman dengan H.

H berteman dengan I.

Lingkaran pertemanan ketiga hanya E dan G.

Sedangkan F tidak berteman dengan siapapun.

Dengan demikian banyaknya lingkaran pertemanan adalah 4.

JAWABAN : D


Soal + Pembahasan KSN-K Informatika (No. 25)

Blengki memasuki lift di sebuah lantai pada gedung bertingkat. Kemudian lift itu naik 4 lantai lalu turun 3 lantai kemudian naik lagi 4 lantai. Sekarang Blengki berada di lantai 7. Di lantai berapakah Blengki masuk lift?

a. 2

b. 3

c. 4

d. 5

e. 6


Pembahasan :

Total lantai naik adalah 8, sedangkan turun 3 lantai. Sehingga Blengki naik 5 lantai dari awal ia masuk. Karena sekarang berada di lantai 7, artinya ia masuk pada lantai 2.

JAWABAN : A


Pembahasan soal selanjutnya ⇒ Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2020 (26 - 30)

File soal dan kunci jawaban bisa di download DI SINI.

List Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2020 :

Posting Komentar untuk "Soal + Pembahasan KSN-K Informatika / Komputer Tahun 2020 (21 - 25)"